Korea Utara ancam tembak Amerika dengan senjata nuklir

okezone

Pyongyang (KANALACEH.COM)– Korea Utara mengeluarkan peringatan terbarunya ke Amerika Serikat. Peringatan itu berupa penegasan bahwa Korea Utara akan terlebih dahulu menembakkan  senjata nuklirnya jika AS mengancam negara terisolir di dunia itu.

“Amerika Serikat telah menempatkan senjata nuklirnya di perairan kami, sasarannya negara kami, ibu kota kami, dan pemimpin kami Kim Jong-un,” kata Lee Yong Pil, pejabat top Korea Utara dalam wawancara khusus dengan NBC, (16/10).

Yong Pil yang juga menjabat sebagai Direktur Institut Studi Amerika di Kementerian Luar Negeri Korea Utara menegaskan,  Korea Utara tidak akan mundur selama senjata nuklir AS mengancam Korea Utara.

“Jika AS mau melakukannya kepada kami, kami akan melakukan yang pertama kali. Kami memiliki teknologinya,” kata Yong Pil.

Korea Utara juga akan melanjutkan uji coba senjata nuklirnya tak peduli berapa kali melakukannya. Yong Pil menegaskan, baik sanksi yang dikeluarkan PBB maupun AS tidak akan dapat menghentikan Korea Utara membangun persenjataannya. “Kami harus memiliki senjata nuklir untuk melindungi negara kami, dan itu kebijakan kami untuk nuklir,” ujarnya.

Pernyataan Yong Pil ini disampaikan sehubungan berlangsungnya latihan militer bersama AS dengan Korea Selatan di Semenanjung Korea. Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, latihan tempur bersama AS yang dijadwalkan berakhir bulan ini juga menargetkan fasilitas nuklir Korea Utara. [Tempo]

Related posts