Alquran jelaskan penciptaan langit dan bumi

Ilustrasi langit. (Huffingtonpost)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Alquran yang diturunkan lebih dari 1.400 tahun lalu telah menerangkan terkait penciptaan langit dan Bumi. Pembentukan langit dan Bumi diterangkan dalam Surah Fussilat Ayat 11.

“Kemudian Dia menuju ke langit dan (langit) itu masih berupa asap (dukhan), lalu Dia berfirman kepadanya dan kepada Bumi, ‘Datanglah kamu berdua menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa’. Keduanya menjawab, ‘Kami datang dengan patuh,’ bunyi  Surah Fussilat Ayat 11.

Dalam buku ‘Sains berbasis Alquran’ dijelaskan, pada tahap awal terbentuknya benda angkasa, kabut antarbintang berputar secara perlahan dan memadat. Setelah itu, material kabut berputar semakin cepat dan bertambah padat pada bagian pusat putaran (rotasi).

Ketika terjadi perputaran, secara perlahan terbentuk piringan rotasi dengan bagian pusat rotasi yang lebih padat. Terbentuknya anggota tata surya karena materi yang memadat.

Ilmuwan telah menemukan susunan benda angkasa yang mengitari sebuah bintang seperti halnya Bumi dan planet-planet lainnya mengelilingi matahari.

Terjadinya susunan seperti tata surya yang memiliki bintang sebagai sumber panas dan planet-planetnya bisa terjadi di beberapa tempat yang berbeda di alam semesta.

Hal ini karena proses pembentukan miliaran bintang yang tersebar di suatu galaksi jumlahnya sangat banyak dan prinsipsnya sama, yakni berasal dari kabut yang berputar. Kondisi ini juga disebutkan dalam salah satu Ayat Alquran.

“Dan bukankah (Allah) yang menciptakan langit dan Bumi, mampu menciptakan kembali yang serupa itu? Benar, dan Dia Maha Pencipta, Maha Mengetahui,” bunyi Surah Yasin Ayat 81.

Berdasarkan hasil pengamatan, ditemukan ada beberapa materi antarbintang yang masih berupa kabut yang berputar.

Fenomena tersebut menjadi bukti yang dapat dipelajari oleh manusia yang menggunakan akal. Salah satu contoh kondisi materi penyusun bintang yang belum terbentuk secara sempurna diamati pada konstelasi bintang Cygnus. [Okezone]

Related posts