Pesawat Cawapres Donald Trump tergelincir

Petugas memeriksa pesawat yang membawa pasangan Capres AS Donald Trump, Mike Pence di landasan Bandara LaGuardia, New York, Kamis (27/10) waktu setempat. (Reuters)
--Ads--
loading...

New York (KANALACEH.COM) – Sebuah pesawat yang membawa calon wakil presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Mike Pence, tergelincir dari landasan saat mendarat di tengah hujan di Bandara LaGuardia, New York. Tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Pence dan pasangan capresnya, Donald Trump, terus berkampanye saat masa pilpres semakin dekat. Kurang dari dua minggu lagi, rakyat AS akan memilih antara Trump dan rivalnya, capres Partai Demokrat Hillary Clinton, sebagai Presiden AS yang baru.

Pada Kamis (27/10) waktu setempat, Pence dijadwalkan menghadiri sebuah acara di New York. Pesawat kampanye yang ditumpanginya terbang dari Fort Dodge, Iowa, setelah Pence menghadiri acara kampanye di sana.

Ads

“Syukurlah semua orang di dalam pesawat kami, selamat,” ucap Pence yang kini menjabat Gubernur Indiana ini via akun Twitter-nya, seperti dilansir Reuters, Jumat (28/10).

“Berterima kasih kepada seluruh petugas dan atas kekhawatiran dan doa dari banyak pihak,” imbuhnya.

Dituturkan juru bicara Otoritas Penerbangan Federal (FAA), Jim Peters, pesawat jenis Boeing 737 ini melakukan pendaratan di Bandara LaGuardia di tengah hujan, dan kemudian tergelincir keluar dari landasan pada Kamis (27/10) malam, sekitar pukul 19.40 waktu setempat.

Pesawat itu berhenti setelah menabrak beton pada landasan yang menahan pergerakan pesawat. FAA dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menyatakan, akan menyelidiki penyebab insiden ini secara mendalam.

Tayangan televisi setempat menunjukkan Pence berdiri di tengah hujan, di dekat pesawat yang dikelilingi ambulans. Dia tampak berbicara dengan polisi dan sejumlah orang lainnya.

Terdapat sedikitnya 30 orang di dalam pesawat itu, termasuk istri Pence yang bernama Karen dan putrinya, Charlotte.

Dituturkan salah satu juru bicara kampanye Trump-Pence, Pence dijadwalkan menghadiri acara penggalangan dana di Trump Tower, Manhattan pada Kamis (27/10) malam.

Namun akibat insiden ini, Pence batal menghadiri acara itu. Pence akan melanjutkan aktivitas kampanyenya pada Jumat (28/10) dengan menggunakan pesawat lainnya.

Trump yang sedang berkampanye di Geneva, Ohio, menuturkan dirinya telah menghubungi Pence.

“Saya baru saja berbicara dengan Mike Pence dan dia baik-baik saja. Pesawat tergelincir keluar landasan dan sangat dekat dengan bahaya mematikan,” ucapnya di hadapan pendukungnya.

Sementara itu, via akun Twitter-nya, Hillary mengatakan dirinya bersyukur Pence dan penumpang lainnya, serta kru pesawat selamat dalam insiden tersebut. [Detik]