YARA nilai Cawabup Abdya belum jujur dan terbuka

YARA duga Polres Abdya tak serius tangani kasus penganiayaan oleh oknum polisi
Ketua YARA Abdya, Miswar. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya) menilai salah satu Calon Wakil Bupati Abdya, Nafis Amanaf belum jujur dan terbuka secara meluas kepada rakyat Abdya.

“Karena Nafis Amanaf belum mengumumkan kepada publik bahwa dirinya adalah mantan narapidana. Kami menilai Nafis tak menjalankan PKPU,” kata Ketua YARA Perwakilan Abdya, Miswar, dalam pesan tertulis kepada Kanalaceh.com, Rabu (2/11).

Nafis Amanaf merupakan pasangan dari Calon Bupati Abdya, H. Said Syamsul Bahri.

Miswar menyebutkan, Nafis yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pernah terlibat kasus pelanggaran Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap berdasarkan keputusan PN Tapaktuan dengan No.132/pid.B/2011/PN-TTN yang ditetapkan pidana penjara atau kurungan selama 1 tahun 4 bulan.

“Kami dari YARA sudah melakukan investigasi atau melakukan pengecekan ke beberapa media cetak, bahwa tidak ada pengumuman oleh saudara Nafis Amanaf yang menyatakan dirinya pernah dipidana,” ungkap Miswar.

Miswar meminta kepada KIP Abdya untuk mempublikasikan berkas atau dokumen para Cabup dan Cawabup setempat di website resmi milik KIP Abdya.

“Itu merupakan informasi yang wajib tersedia, agar masyarakat dapat melihat profil calon pemimpin,” ujarnya. [Aidil/rel]

Related posts