Kebiasaan nyirih bisa memicu kanker mulut dan tenggorok

(KANALACEH.COM)Tradisi nyirih atau mengunyah daun sirih di Tanah Air sudah ada sejak zaman dulu. Kebiasaan tersebut terus bertahan hingga kini dan masih dilakukan masyarakat pedesaan.

Meski daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh kuman. Tapi tahukah Anda, bahwa kebiasaan nyirih ternyata dapat memicu risiko kanker mulut dan tenggorok.

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Syahrial M. Hutahuruk, SpTHT-KL (K), ketua Divisi Laring Faring Departmen THT FKUI/RSCM.

“Daun sirih memang mengandung antiseptik walau kadarnya memang sedikit. Tapi kebiasaan nyirih punya efek buruk, seperti risiko kanker,” ucapnya, di Jakarta, belum lama ini.

Dikatakan dr. Syahrial, efek pemicu kanker mulut dan tenggorok ini tidak berasal dari daun sirihnya. Melainkan dari campuran lain yang dikunyah bersama daun sirih, seperti kapur, biji pinang, daun tembakau, atau daun gambir.

“Seperti penelitian di India. Dibanding mereka yang hanya nyirih dengan daun sirihnya saja. Kelompok yang suka nyirih dengan campuran kapur dan lain-lain banyak ditemukan kanker di daerah mulut atau tenggorok,” tutup dr. Syahrial. [Okezone]

Related posts