FMIPA juara umum MTQ ke-15 tingkat Unsyiah

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Berlangsung selama tiga hari sejak 4 November, ajang Musabaqah Tilawatin Quran (MTQ) ke-15 tingkat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun 2016 resmi berakhir.

Keluar sebagai juara umum adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah.

Sementara juara umum II diraih oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan juara umum III adalah Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

Ada 11 cabang lomba yang diperlombakan, yaitu cabang Mushabaqah Tilawatil Quran, Khaththil Quran, Tartilil Quran, Qiraat Sab’ah, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Karya Tulis Ilmiah Alquran, Debat Ilmiah Alquran dalam Bahasa Inggris, Debat Ilmiah Alquran dalam Bahasa Arab, Desain Aplikasi Komputer Alquran, dan Hifzhil Quran.

“Hifzhil Quran dibagi tiga kategori, yaitu Hifzhil Quran 1 Juz, Hifzhil Quran 5 juz, dan Hifzhil Quran 10 juz. Hampir semua cabang lomba dibagi atas regu putra dan putri,” sebut Ustaz Zamakhsyari, Sekretaris Dewan Hakim MTQ Unsyiah, Minggu (6/11).

Wakil Rektor III Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Unsyiah, Alfiansyah Yulianur dalam sambutannya saat acara penutupan berharap hasil dari lomba ini benar-benar maksimal.

“Selamat kepada FMIPA yang berhasi meraih juara umum. Insya Allah Unsyiah akan terus menggalakkan kegiatan keagamaan sebagai sarana dakwah. Namun jangan lupa, tahun depan Unsyiah akan menghadapi MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UNM),” ujarnya.

Target tersebut tidak berlebihan karena pada 2015 lalu Unsyiah berhasil meraih juara II pada MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional di Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

“Rektor Unsyiah juga berpesan, setelah mengikuti lomba MTQ di Malang nanti, kita harus mengajukan permohonan agar Unsyiah menjadi tuan rumah MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional pada tahun 2019,” katanya. [Republika]

Related posts