Terminal semen di Lampung perkuat jaringan di Sumatera

Terminal semen di Desa Rangai Tritunggal, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (Ist)

Bandar Lampung (KANALACEH.COM) – PT Holcim Indonesia Tbk, Jumat (11/1 1), meresmikan terminal semen di Desa Rangai Tritunggal, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Acara peresmian terminal yang memiliki kapasitas 1 juta ton semen per tahun dalam bentuk kantong dan curah, dihadiri oleh Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Hermanto beserta jajaran dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan Direksi PT Holcim Indonesia Tbk.

Sejak proses konstruksinya yang dimulai dua tahun silam dengan total investasi senilai 26 juta dollar US, terminal semen ini semakin memperkuat keberadaan Holcim Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar di Sumatera khususnya di Lampung dan sekitarnya.

“Dengan keberadaan terminal semen ini, kami ingin berada lebih dekat dan menjamin pasokan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Lampung dan sekitarnya. Untuk mendukung operasional yang prima, terminal ini dilengkapi dengan pelabuhan kapal sendiri dan peralatan berteknologi terkini yang ramah lingkungan,” ujar Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk, Gary Schutz dalam siaran pers yang diterima kanalaceh.com.

Gary menambahkan, kehadiran pabrik semen di Lampung ini untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pasar semen domestik.

“Pemerintah punya peran penting dalam memberikan stimulan untuk pemulihan keseimbangan antara kebutuhan dan pasokan semen di Indonesia. Terutama realisasi proyek-proyek infrastruktur,” katanya.

Untuk diketahui, PT Holcim Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan yang mayoritas sahamnya (80,65 persen) dimiliki oleh orang Indonesia dan dikelola oleh LafargeHolcim Group, yang berbasis di Swiss.

Sebelumnya, perusahaan telah mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong di Jawa Barat, Cilacap di Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas gabungan per tahun 15 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2.500 orang. [Aidil/rel]

Related posts