Pemkab Abdya terima penghargaan Eliminasi Malaria dari Menkes

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menyerahkan Sertifikat Eliminasi Malaria kepada Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya, Jufri Hassannuddin di Jakarta, Senin (14/11). (Antara)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperoleh penghargaan Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek di Jakarta, Senin, (14/11), mengatakan, selain Abdya, kementerian juga memberikan sertifikat Eliminasi Malaria kepada kabupaten Dairi Sumatera Utara, Kabupaten Madiun dan kabupaten Pacitan provinsi Jawa Timur serta Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Penyerahan tanda Penghargaan Kementerian Kesehatan kepada lima kabupaten di Indonesia ini dalam bertepatan pada memperingati hari Kesehatan Nasional ke-52 yang berlangsung di ruang Leimena Kementerian kesehatan RI.

”Acara ini mengangkat tema masyarakat hidup sehat Indonesia kuat. Tema tersebut mengingatkan akan pentingnya mengajak masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat, karena kesehatan sebagai investasi yang memang harus di pahami secara bersama sehingga, tanpa  kesehatan semua tidak ada artinya,” katanya

Menkes, mengatakan, masyarakat hidup sehat akan tercapai apa bila komonitas terkecil dalam masyarakat melakukan berbagai upaya kromotif dan prafektif untuk mewujudkan warga sehat.

”Tentu keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut tidak semata-mata ditentukan oleh hasil Kerja keras  Dinas kesehatan tetapi juga dipengaruhi oleh kontribusi positif sektor luar kesehatan,” katanya

Sementara itu Bupati Abdya Jupri Hassannuddin mengatakan penghargaan yang dicapai tersebut bentuk penghormatan pemerintah pusat terhadap Kabupaten Abdya khusunya dan umumnya provinsi Aceh yang selama ini sangat peduli terhadap kesehatan.

”Anugrah yang diberikan Menteri ini merupakan bahagian upaya kita secara menyuluruh dalam menangani persoalan kesehatan. Selama ini kita bersama Pemerintah Aceh sangat fokus dan serius dalam mengalokasian anggaran terhadap bidang ini, seperti program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA),” katanya

Selain itu, kata dia, penghargaan yang diterima tersebut juga bagian dari penyemangat dalam bekerja untuk lebih gesit dan fokus, sehingga pada masa-masa akan datang Abdya terus meraih prestasi-prestasi lainnya di berbagai bidang.

”Sukses sebuah pemerintahan itu bisa dilihat dari dua faktor, yakni, faktor  kesehatan dan pendidikan. Jika faktor-faktor ini sukses tentu citra dan martabat anak bangsa bisa terangkat dan penghargaan yang telah dicapai ini suatu rahmat Allah yang harus kita pertahankan,” katanya. [Antara]

Related posts