Pemuda-pemudi Aceh harus jaga keutuhan NKRI

Dialog akbar yang diselenggarakan PD I FKPPI Aceh di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Sabtu (12/11). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pengurus Daerah (PD) I Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Aceh menggelar dialog akbar pemuda pemudi Aceh di Auditorium UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Sabtu (12/11).

Acara yang dimoderatori oleh Kurniawan (Wasek Bidang Bela Negara dan Kehutanan PD I KB FKPPI Aceh) itu mengambil tema ‘Dengan Semangat Sumpah Pemuda kita Tingkatkan Kesadaran dan Peran Generasi Muda dalam Menjaga Keutuhan dan Ketahanan Bangsa’.

Acada itu menghadirkan empat narasumber, yaitu Pangdam IM yang diwakili oleh Kasdam IM, Brigjen Achmad Daniel Chardin, Kapolda Aceh yang diwakili oleh Kabag Pers SDM Polda Aceh, AKBP Eko Purwanto, Wakil Rektor Bidang Kemahiswaan UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal, Ketua PD I KB FKPPI Aceh, Alfiansyah Yuliannur, dan Ketua DPD KNPI Aceh, Jamaluddin.

Ketua panitia, Nuralam menjelaskan bahwa dialog akbar tahunan ini diharapkan dapat menjadi media silaturrahmi bagi para pemuda-pemudi Aceh untuk saling mengisi peran sekaligus mencari formulasi ideal pengisian dalam upaya menjaga tetap tegaknya keutuhan NKRI sekaligus dalam mendukung ketahan bangsa.

Plt Gubernur Aceh, Soedarmo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kesbangpol Aceh, Saidan Nafi mengatakan bahwa pemuda merupakan aset bangsa yang sangat berharga. Karena pemuda merupakan pelanjut estafet kepemimpinan bangsa dan negara di masa mendatang.

“Pemuda-pemudi Aceh dapat memainkan peranan penting dalam menjaga tetap tegaknya keutuhan dan berkontribusi dalam mendukung ketahanan bangsa Indonesia,” ujar Saidan.

Kasdam IM, Brigjen Achmad Daniel Chardin mengatakan, Indonesia saat ini menghadapi banyak ancaman, diantaranya konflik antar negara tetangga termasuk klain Tiongkok atas Laut Cina Selatan, ancaman Proxy War yang dilakukan oleh musuh dengan menggunakan peran penganti seperti semakin latennya narkoba, konflik sosial, krisis pangan dan lainnya.

Lanjutnya, krisis energi yang bersumber dari fosil merupakan salah satu pemicu terjadinya perang modern berupa Proxy War tersebut. Indonesia merupakan salah satu sumber energi non fosil terbesar di dunia.

“Untuk itu, para pemuda-pemudi Aceh khususnya dan Indonesia umumnya harus mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai ancaman tersebut,” kata Achmad Daniel.

Sementara AKBP Eko Purwanto, menyampaikan, Polri selama ini sudah berusaha optimal memainkan peranannya dalam membentuk para kader Bhayangkara yang bermentalkan Pancasilais melalui berbagai pelatihan revolusi mental, kebijakan yang mewajibkan para lulusan perwira, dan lulusan bintara melakukan i’tikaf di mesjid, serta berbagai program lainnya.

“Juga Polda Aceh sudah pula memainkan peranannya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Eko.

Wakil rektor bidang kemahasiswaan UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal mengatakan, kampus merupakan Industri penghasil intelektual. Karenanya, kampus memiliki andil yang sangat strategis dan dominan dalam menentukan warna kepemimpinan bangsa dan negara.

“Maka, pemuda-pemudi harus mengisi dirinya dengan ilmu pegetahuan serta terus membekali diri dengan iman dan taqwa kepada Allah,” kata Syamsul.

Ketua Ketua DPD KNPI Aceh, Jamaluddin menyebutkan, ketangguhan suatu bangsa sangat ditentukan pada ketangguhan para pemudanya.

Jamaluddin menambahkan, agar para pemuda-pemudi Aceh jangan menjadi ‘benalu’ bagi bangsa dan negara, namun harus dapat menjadi ‘paku bumi’ sehingga sehingga dapat tetap menjaga keutuhan NKRI dan ketahanan bangsa.

Ketua PD I KB FKPPI Aceh, Alfiansyar Yuliannur menyampaikan bahwa Indonesia memiliki bonus demografi, yaitu dimana Indonesia saat ini memiliki penduduk dengan usia produktif (muda) yang relatif sangat besar.

“Namun, bonus demografi tersebut akan menjadi bencana bila para pemuda-pemudi tidak mempersiapkan diri dengan berbagai pengetahuan serta iman dan taqwa secara matang,” demikian Alfiansyah Yuliannur yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah. [Aidil/rel]

Related posts