Plt Bupati Aceh Utara pimpin HKN ke-52

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016, Plt Bupati Aceh Utara, Muhammad Jamil memimpin upacara bersama jajaran Muspida, pegawai dinas kesehatan, Rumah Sakit Umum Cut Meutia dan lintas sektor lainnya di Lapangan Upacara Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Senin (14/11).

Muhammad Jamil dalam sambutannya saat membaca amanat Menteri Kesehatan RI, Prof Nila Farid Moeloek, mengatakan, program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dilaksanakan secara bertahap dengan target pada akhir tahun 2019.

“Seluruh Puskesmas di Indonesia telah dapat melaksanakannya. Target ini cukup berat mengingat jumlah Puskesmas di Indonesia sebanyak 9.601 yang tersebar di 34 provinsi dengan kondisi geografis dan keadaan masyarakatnya berbeda-beda,” ujar Jamil.

Tantangan kesehatan saat ini, lanjutnya, bahwa Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Menurut Global Burden of Disease 2010 dan Health Sector Review 2014, kematian yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular, yaitu stroke menduduki peringkat pertama. Dengan demikian, trend ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat. [Rajali Samidan]

Related posts