Ini tips menjaga kesehatan anak kos saat musim hujan

(KANALACEH.COM) Jauh dari keluarga, menjadi salah satu hal yang perlu dihadapi oleh anak kos. Mungkin sulit bagi mereka untuk mengatur jadwal makan atau memerhatikan keseimbangan gizi asupan yang menyehatkan. Terkadang, derita sebagai anak kos adalah harus mengurus diri sendiri saat sakit.

Terlebih ketika musim hujan seperti sekarang. Sakit seperti flu, batuk dan meriang terkadang akrab menghampiri anak kos.

Tapi, bukan berarti sebagai anak kos kamu menyerah untuk jatuh sakit. Kamu harus mulai menjalankan pola hidup sehat untuk menghindari sakit, terutama ketika musim hujan di mana daya tahan tubuh mudah melemah. Berikut tips menjaga kesehatan anak kos yang dikutip dari laman Okezone, Kamis (17/11).

Pintar dalam memilih makanan

Memang, gorengan selalu menjadi makanan favorit sebagian besar anak kos. Namun, tak ada salahnya menyertakan sayuran dan buah-buahan dalam menu makanan yang tidak perlu mahal. Makanan menyehatkan akan membagun sistem metabolisme tubuh yang baik.

Minum teh hijau

Tak ada salahnya sesekali menyediakan teh hijau di kos. Konsumsi secangkir teh hijau setiap harinya dapat menghasilkan antioksidan untuk menangkal kanker. Agar lebih nikmat, tambahkan juga madu dan lemon sebagai campuran teh hijau. Jadi, ada baiknya membeli teh hijau dibanding minuman bersoda kan.

Olahraga

Untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan cara berolahraga secara teratur. Kamu bisa jogging sore hari di sekitar lingkungan kos untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga juga dapat menghindari terjadinya obesitas dan penumpukan lemak.

Hindari kopi

Sudah pasti kopi menjadi salah satu minuman favorit anak kos. Namun, sebisa mungkin hindari konsumsi kopi berlebihan dan menggantinya dengan jus atau minuman berkalsium. Ingat, sering ngopi juga bisa buat kamu susah tidur, sehingga menjadi terjaga hingga tengah malam. Kurang tidur dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Sikat gigi

Nah, untuk anak kos, jangan bermalas-malasan untuk sikat gigi. Setidaknya, Anda perlu menyikat gigi dua kali dalam sehari untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi kamu minimal tiga bulan sekali. Pasti menderita banget kan kalau harus sakit gigi di kosan sendirian.[]

Related posts