Sapma PP: Waspadai gerakan anti Pancasila

PW Sapma PP Kota Langsa, Aceh. (Ist)

Langsa (KANALACEH.COM)  – Wakil Ketua Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Kota Langsa, Reva Mardiandi, mengungkapkan masyarakat harus mewaspadai berkembangnya gerakan anti pancasila yang merupakan bahaya laten gerakan baru Partai Komunis Indonesia (PKI) yang terus bergeliat di masyarakat.

“Kita sedang dihadapkan pada kenyataan bahwa neo PKI mulai berkembang di tengah masyarakat. Ini perlu segera dideteksi dan diberantas sehingga tak ada gangguan terhadap pancasila sebagai ideoloi dan falsafah bangsa,” ujar Reva di Langsa, Kamis (17/11).

Sebagai generasi muda yang berhimpun di bawah naungan Ormas Pemuda Pancasila, kata Reva, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk menghalau tumbuh kembangnya neo PKI di tengah masyarakat.

“Semua komponen untuk menangkal gerakan anti-pancasila sedini mungkin,” tambahnya.

Diakuinya, keberadaan beragam organisasi kemasyarakatan bisa saja menjadi celah masuknya paham komunis dan anti pancasila sehingga kerap menimbulkan kekacauan.

“Harus waspadai terhadap orang-orang berpaham komunis, anti-pancasila yang masuk ke organisasi tertentu atau mendirikan sebuah organisasi baru. Ini cikal pemantik kegaduhan,” ungkapnya.

Dalam konteks Aceh kekinian, lanjutnya, perlu untuk terus-menerus dicermati perkembangan masyarakatnya. Jangan sampai, damai Aceh yang terpelihara selama ini menjadi surga bagi golongan anti-pancasila untuk menyusup dan tubuh subur.

“Kita perlu mawas diri, jangan terlena dengan damai yang tercipta. Adanya ajakan untuk mengibarkan bendera tertentu selain sang saka merah putih, juga bagian anti-pancasila yang tidak bisa ditelorir, terlebih jelang perhelatan pesta demokrasi seperti sekarang ini,” tegasnya.

Reva menambahkan, bahwa aksi terorisme juga merupakan persenyawaan gerakan anti-pancasila yang terus perlu diwaspadai.

Hal ini, sambungnya, menjadi tanggung jawab semua pihak tidak hanya aparat keamanan semata. Melainkan setiap warga bangsa, khususnya kaum muda. [Erza]

Related posts