GeRAK Aceh luncurkan aplikasi open data

Ilustrasi. (Antara)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lembaga swadaya masyarakat Gerakan Antikorupsi (GeRAK) Aceh meluncurkan aplikasi open data yang menyajikan informasi di sektor sumber daya alam.

Ketua Divisi Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan di Banda Aceh, Selasa (22/11), mengatakan aplikasi berbasis internet ini diluncurkan untuk mendorong keterbukaan informasi publik di Provinsi Aceh.

“Aplikasi ini merupakan inisiatif GeRAK Aceh sebagai bagian masyarakat sipil dalam rangka mendukung pemerintahan yang terbuka di Indonesia,” kata Fernan.

Fernan menyebutkan aplikasi ini bisa diakses di alamat www.data.gerakaceh.id. Aplikasi ini berisi data pertambangan mineral, minyak dan gas, kehutanan, perkebunan, anggaran, kesehatan, dan pendidikan.

Menurut Fernan, aplikasi open data ini merupakan inisiatif GeRAK Aceh mendorong gerakan keterbukaan informasi guna mendukung perbaikan tata kelola sumber daya alam di Provinsi Aceh.

“Kami berharap aplikasi open data tersebut memberi manfaat kepada masyarakat serta menjadi kontrol warga negara terhadap tata kelola pemerintahan,” ungkap Fernan menyebutkan.

Wakil Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA) Yusran mengapresiasi langkah GeRAK Aceh meluncurkan aplikasi open data. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan masyarakat bisa mendapat informasi sektor sumber daya alam.

“Kami menyambut gembira kehadiran open data ini. Sebab, kehadiran aplikasi open data ini mendukung upaya keterbukaan informasi publik,” kata Yusran.

Yusran mengajak masyarakat memanfaatkan aplikasi open data yang disediakan GeRAK Aceh tersebut. Data-data tersebut harus menjadi alat pengawasan masyarakat terhadap tata kelola pemerintahan.

“Kami berharap apa yang dilakukan GeRAK diikuti lembaga-lembaga lainnya, sehingga tidak ada informasi yang tidak bisa diakses oleh masyarakat. Kecuali yang dirahasiakan oleh undang-undang,” kata Yusran. [Antara]

Related posts