Mahasiswa Umuslim kirim mahasiswa PPL-KKM ke Thailand

Lambang Umuslim, Bireuen.

Bireuen (KANALACEH.COM) – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan akan mengirimkan tujuh orang mahasiswa untuk mengikuti program Program Praktek Lapangan Kuliah Kerja Nyata (PPL-KKN) mahasiswa selama empat bulan di tiga Provinsi Thailand Selatan.

Hal itudisampaikan Rektor Umuslim, Amiruddin Idris saat melepas keberangkatan mereka di ruang rapat Kampus Umuslim, Selasa (22/11).

Menurut Amiruddin, tujuan pengiriman mahasiswa Umuslim ke salah satu negara Asean tersebut dalam rangka mengikuti salah satu program yang dilaksanakan Kemenristekdikti melalui Kopertis wilayah XIII guna meningkatkan kerjasama internasional perguruan tinggi di Indonesia dengan beberapa lembaga pendidikan yang ada di Thailand.

Untuk tahap awal program ini akan diikuti 44 peserta dari lima perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah Umuslim mendapat kepercayaan dari Kemenristekdikti,” jelasnya yang didampingi Direktur Hubungan Internasional Umuslim, Nurdin Abdurahman.

Lanjutnya, selama di sana mahasiswa Umuslim akan mengajar berbagai ilmu termasuk budaya dan adat istiadat daerah masing-masing. Itu akan mereka bagi ilmu di sejumlah lembaga pendidikan dan pesantren yang ada di tiga provinsi di Thailand Selatan.

Amiruddin Idris juga mengharapkan kepada peserta agar dapat memanfaatkan momentum ini untuk belajar berbagai kelebihan yang ada di Thailand khusunya bidang pertanian. Ia meminta kepada mahasiswa agar menjaga nama baik almamater, sopan santun, dan tingkah laku.

“Pada saat pulang nantinya ada suatu makna yang bisa dipraktekkan di kampung halaman,” katanya.

Sementara Kabag humas Umuslim, Zulkifli menyebutkan mereka akan berada di Thailand terhitung mulai tanggal 28 November 2016 hingga 20 Maret 2017.

“Nantinya mereka akan ditempatkan di tiga provinsi yaitu Nala, Nala Shiwa dan Songkhla,” sebut Zulkifli.

Adapaun nama-nama mahasiswa yang ke Thailand Selatan, yakni Maluna Saputra (Pertanian), T. Muliawanda (Pertanian), Muhammad Khumaini (Pertanian), IrvanYudii (Pertanian),Oki Iskandar (Teknik Sipil), Junaidi (Pertanian), dan Riski Irwan Yadi (Pertanian). [Aidil/rel]

Related posts