Instagram rilis fitur baru, makin mirip snapchat

Jakarta (KANALACEH.COM) – Setelah menghadirkan fitur serupa Snapchat Stories, kini Instagram kembali menghadirkan dua fitur terbaru yakni live video serta foto dan video untuk teman dan grup yang bisa otomatis menghilang.

Instagram mencatat saat ini ada lebih dari 100 juta orang setiap harinya menggunakan fitur Instagram Stories. Sementara untuk dua fitur terbarunya yang juga bisa menghilang dalam sekejap setelah dikirim yakni berupa live video serta fitur berbagi foto dan video ke teman dan grup.

Dalam keterangan resmi, fitur live video saat ini sudah bisa dijajal meski belum dirilis secara resmi. Sementara fitur Direct, kirim foto dan video langsung ke teman dan grup sudah resmi tersedia.

Live video instagram stories

Sama halnya dengan foto dan video yang dibagikan melalui fitur Instagram Stories, live video juga akan otomatis menghilang hingga satu jam kemudian.

Untuk menggunakan fitur ini cukup menggeser feed untuk membuka kamera kemudian pilih “Start Live Video”. Semua teman akan mendapatkan notifikasi saat Anda sedang berbagi secara langsung sehingga bisa menyaksikan, menyukai, dan memberi komentar.

Pengguna bisa melakukan pengaturan untuk menerima atau mematikan semua komentar yang masuk saat sedang merekam video secara langsung.

Saat ada teman yang memulai live story, Anda juga bisa melihat status ‘Live’ di bawah foto profil pada stories bar. Semua live stories akan terlihat di fitur Exploredan pilihan ‘top live’ untuk video yang menarik saat itu.

Fitur live video di Instagram Stories dan fitur Explore sudah mulai di uji coba hari ini dan akan tersedia dalam dua pekan kedepan.

Kirim foto dan video yang langsung bisa hilang ke teman dan grup

Format berbagi langsung ke teman dan grup kini sudah mendukung format visual berupa foto dan video.

Instagram mencatat pengguna fitur Direct mengalami pertumbuhan setiap bulannya dari 80 juta menjadi 300 juta di dunia sejak diluncurkan tahun lalu.

Dalam update terbaru, pengguna bisa berbagi foto dan video ke personal atau grup dan bisa hilang setelah mereka melihatnya.

Untuk melihat pesan berupa foto atau video yang masuk, akan ada ikon pesawat kertas di sisi kanan atas feedatau bisa juga menggeser ke kiri. Untuk setiap foto dan video yang menghilang ada di bar atas.

Menariknya, pengguna bisa mengetahui apakah teman akan membalas atau mengambil screenshot dari foto atau video yang mereka terima.

Pengguna hanya bisa berbagi foto dan video ke teman-teman yang ada dalam daftar follower. Foto dan video yang dibagikan secara pribadi ke teman atau grup akan diperkenalkan secara global sejak hari ini. [CNN]

Related posts