Ini 4 rahasia yang hanya diketahui kru pesawat

Ilustrasi pramugari. (Shutterstock)

London (KANALACEH.COM) – Di mata para penumpang pesawat, pramugari dan pramugara adalah sosok yang menenangkan yang siap membantu  mereka sebelum dan selama penerbangan.

Namun, dibaliknya penampilannya yang selalu rapi, tenang, dan bersahabat, ada sesuatu yang misterius mengenai para cabin crew ini.

Barangkali, salah satu penyebabnya adalah rahasia di balik layar yang hanya mereka yang mengetahuinya.

Namun, rahasia tersebut belakang mulai tersingkap setelah salah satu dari mereka mengungkapkannya dalam sebuah blog untuk Huffington Post.

Berikut ini empat rahasia yang layak diketahui para penumpang pesawat:

1. Jika pesawat kita ditunda atau dibatalkan, jangan…

Menunggu dalam antrean panjang bersama para penumpang lain di depan loket atau pintu masuk. Menurut pramugari Kelly Payne, yang seharusnya dilakukan adalah, “menghubungi layanan pelanggan maskapai yang bersangkutan agar dipesankan tempat lagi.

“Kami juga tak perlu mendengar semua kisah mengenai apa yang terjadi. Hanya lokasi (record locator) Anda. Waktu beberapa detik saja sangat menentukan dalam situasi ini.”

“Pada saat Anda berbicara dengan kami, kami bisa melihat langsung bahwa pesawat berikutnya hanya memiliki 10 kursi kosong dan jumlah itu terus berkurang karena agen-agen lainnya memesan kursi itu untuk siapapun yang menghubungi mereka.

“Tak perlu menjelaskan apapun, apalagi berteriak-teriak menumpahkan kemarahan karena pesawat Anda ditunda atau dibatalkan.”

2. Pesawat yang Anda pesan pada kenyataannya mungkin…

Sudah melebihi kapasitas. Ini mungkin terdengar tidak fair, tapi semua itu memang harus dilakukan.

Hal ini disebabkan maskapai penerbangan harus mempertimbangkan faktor mereka yang tak akan bisa tiba di bandara tepat waktu, “baik karena tersesat, ketiduran, atau berubah pikiran.

“Juga faktor mereka yang ketinggalan pesawat karena ditundanya penerbangan penghubung. Maskapai penerbangan harus menerima pesanan melebihi kapasitas karena jika tidak mereka tak akan bisa mendapatkan keuntungan lantaran harus menerbangkan pesawat yang setengah kosong.”

3. Artinya…

“Ada banyak kesempatan di mana Anda mungkin mendapatkan tempat duduk kelas satu dengan diskon besar dalam waktu 24 jam sebelum pesawat Anda berangkat.”

Ini, tentu saja, bergantung pada fakta bahwa tempat duduk kelas satu belum terjual habis, dan jika tak ada terlalu banyak penumpang penting yang harus di-upgrade tempat duduknya.

Jika situasinya seperti ini, Kelly mengatakan, “hubungi layanan pelanggan maskapai yang bersangkutan dalam 24 jam sebelum keberangkatan.”

4. Satu hal terakhir soal minuman panas

“Jangan pernah meminum kopi di pesawat,” kata Kelly.

“Ada satu alasan kenapa minum kopi di dalam pesawat tak dianjurkan. Sebab, kopi itu tidak dibuat dengan air dalam botol, dan air minum dalam wadah di pesawat tidak terlalu diinginkan.”

“Pasalnya, lubang untuk membersihkan limbah toilet dan lubang untuk mengisi air besar letaknya sangat berdekatan dan kadang-kadang petugas yang membersihkan limbah dan memasukkan air adalah orang yang sama dan dilakukan pada saat yang sama”. [Tempo]

Related posts