Meski cuaca dingin, jangan pakai selimut tebal pada bayi

Ilustrasi - Bayi yang diselimuti. (Boldsky)

(KANALACEH.COM) – Tidak seperti orang dewasa, bayi perlu perawatan ekstra saat musim hujan tiba. Karena cuaca begitu dingin, si kecil gampang sakit karena sistem kekebalan tubuhnya rendah.

Berikut adalah lima tips yang harus dilakukan seorang ibu dalam merawat bayi di musim hujan. Karena si kecil yang begitu sensitif, jaga dia agar tidak jatuh sakit.

Jangan memakaikan selimut tebal

Beberapa orangtua memakaikan selimut tebal pada bayinya saat tidur malam. Jangan lagi lakukan ini karena peneliti mengungkapkan sebuah risiko sindrom kematian bayi mendadak. Bayi mengalami kekurangan oksigen yang membuatnya henti napas.

Pakaikan baju hangat

Saat hujan turun, ada baiknya Anda memakaikan si kecil baju hangat. Gunakan pula kaus kaki dan sarung tangan agar semakin hangat. Karenanya, selama hujan cuaca sekitar menjadi sangat dingin dan bisa mengganggu aktivitas si kecil.

Mandi dengan air hangat

Ketika bayi berat badannya sudah di atas 6 kg boleh dimandikan dengan air dingin. Namun, ketika musim hujan usahakan mandikan bayi dengan air hangat. Selain menjaga suhu tubunnya, kulit bayi saat musim hujan menjadi kering dan sangat sensitif.

Memijat bayi dengan minyak kelapa

Bayi butuh diberikan kehangatan maksimal. Gunakan minyak kelapa saat memijat kulit lembut si kecil. Minyak ini bersifat menghangatkan tubuh bayi lebih lama, terutama di musim hujan.

Tidak menggunakan banyak produk bayi

Beberapa orangtua pasti menggunakan sabun, lotion, sampo, bedak, hingga parfum agar membuat bayinya tetap wangi dan kulitnya mulus.

Padahal menggunakan terlalu banyak produk bayi tidak baik untuk bayi kurang dari satu tahun usia. Karena itu menyebabkan kulit gatal, kering, hingga ruam. Demikian dikutip Boldsky, Kamis (24/11). [Okezone]

Related posts