Calon kepala daerah di Bireuen deklarasi pilkada damai

(ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen menggelar acara deklarasi pilkada yang berintegritas dan damai pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2017 di halaman meligoe pendopo Bupati Bireuen, Senin (28/11).

Ketua KIP Bireuen Mukhtaruddin mengharapkan kepada para kandidat maupun para pendukung untuk menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat dan menghindari berbicara hal-hal yang tidak perlu.

“Kepada pasangan calon dan para pendukung kami berharap untuk dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dalam setiap kampanye yang dilakukan, karena dalam survey yang dilakukan oleh KIP Bireuen bahwa masyarakat di Kabupaten Bireuen adalah masyarakatnya melek politik dimana masyarakat Cerdas dalam memilih dimana visi dan misi menjadi pertimbangan utama para pemilih” pungkasnya.

Lanjutnya, Hasil survey yang dilaksanakan oleh KIP Bireuen tipe pemilih di Bireuen adalah cerdas dalam menentukan pilihannya. Namun begitu, tingkat partisipasi pemilih masih agak kurang. Pada Pilkada 2007 tingkat partisipasi mencapai 83 persen, pada Pilkada 2012, partisipasi pemilih 68,12 persen, pada Pileg 2014 mencapai 73,06 persen dan pada Pilpres 2014 hanya 54,88 persen.”Kita berharap pada pemilihan bupati tahun 2017 bisa mencapai diatas 85 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bireuen Ir Mukhtar  dalam sambutannya menyampaikan, bahwa hasil pantauan dilapangan kondisi dan stabilitasi keamanan di kabupaten Bireuen masih cukup baik dan kondusif.

“Pilkada di kabupaten Bireuen harus terselenggara dengan mengedepankan prinsip-prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta terbebas dari bentuk-bentuk intimidasi dan kekerasan” harapnya. Plt Bupati juga berpesan kepada kandidat supaya dapat mengimplementasikan programnya untuk lima tahun kedepan jika terpilih. [Randi/rel]

Related posts