Berharap Tuah kemenangan Leg pertama

Indonesia naik empat tingkat di peringkat FIFA
Timnas Indonesia. (okezone)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Sejak tahun 2004, enam laga final Piala AFF digelar dengan menggunakan format laga kandang dan laga tandang. Berdasarkan data yang dihimpun dari Opta, pemenang leg pertama selalu yang keluar sebagai juaranya.

Pertama adalah Singapura pada tahun 2004. Singapura mengalahkan Indonesia di leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan skor 3-1. Pada leg kedua di Stadion Nasional Kallang, The Lions juga memetik kemenangan 2-1 atas Tim Garuda.

Kedua lagi-lagi Singapura di tahun 2007. Korbannya kali ini Thailand. Di leg pertama di kandang sendiri, Singapura menang dengan skor tipis 2-1. Thailand yang butuh kemenangan 1-0 saja di Stadion Rajamangala ternyata tak mampu mempertahankan skor.

Keunggulan 1-0 terbalas oleh striker Singapura di babak kedua. Skor 1-1 menjadi agregat kembali dipimpin Singapura sampai akhir laga berakhir dengan skor 3-2. Dan, Singapura keluar sebagai juaranya.

Ketiga, setahun setelahnya, giliran Vietnam yang berhasil melaju ke babak final. Lawannya adalah Thailand. Hampir sama dengan tahun sebelumnya, leg pertama Thailand kalah 1-2 di kandang Vietnam. Leg kedua Si Gajah Perang hanya mampu bermain imbang 1-1.

Keempat, Indonesia kembali terkena kutukan kalah leg pertama partai puncak. Tahun 2010 Indonesia melawan Malaysia di final. Secara mengejutkan Irfan Bachdim dan kawan-kawan dihajar 0-3 di Stadion Bukit Jalil, Kualalumpur, Malaysia. Di leg kedua Indonesia mampu membalas 2-1. Hanya saja agregat 4-2 membuat Malaysia lebih berhak mengangkat Piala.

Kelima, cerita berlanjut ke edisi 2012. Lagi-lagi Thailand tak berdaya dari Singapura. Leg pertama, Singapura menang 3-1. Bedanya kali ini Thailand mampu membalas kekalahan di leg kedua dengan skor 1-0. Tapi, tetap saja Singapura yang juara dengan keunggulan agregat 3-2.

Edisi terakhir atau final keenam barulah Thailand dapat memanfaatkan tren kemenangan leg pertama partai final. Thailand memanfaatkan laga pertama di Rajamangala dengan kemenangan 2-0 atas Malaysia. Di leg kedua, Malaysia berhasil membalas dengan menang 3-2 atas Thailand. Dan, agregat jelas berpihak kepada Thailand dengan skor 4-3.

Dan, pada final Piala AFF 2016, Timnas Indonesia berhasil memenangkan leg pertama dengan skor 2-1. Thailand akan menjamu Indonesia di leg kedua pada Sabtu (17/12) malam ini. Apakah tuah kemenangan leg pertama akan kembali terulang tahun ini? Semoga saja. Amin. [Republika]

Related posts