Museum Tsunami Aceh terima tiga kunjungan dari Jepang

Foto bersama delegasi Kedubes Jepang. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Museum Tsunami Aceh menerima tiga kunjungan penting dari Jepang pada Sabtu (17/12) lalu. Kunjungan pertama merupakan perwakilan dari Wakayama Jepang yaitu, Toshiki Nishioka (Walikota Hirogawa), Masanobu Hirai (Dewan Pendidikan Kota Hirogawa), serta Miwa Sugita (Ritsumeikan University).

Rombongan ini datang ke Aceh dengan tujuan utama memberi sumbangan bagi korbang gempa Pidie Jaya sebesar 1 juta yen yang sudah diserahkan melalui Pemerintah Aceh.

Kunjungan kedua merupakan tamu dari delegasi Haiku (puisi) Jepang yang merupakan rombongan tamu dari Presiden ERIA (Economic Research Institute for ASEAN and East Asia) Prof Hidetoshi Nishimura.

Selain berkunjung mereka juga mengundang pegiat sastra dari Yayasan Tikar Pandan Aceh untuk berdiskusi di Ruang Rapat Museum mengenai rekonstruksi dari bencana besar dan peran pameran dalam pemulihan pikiran dari kesedihan.

Dan ketiga, yaitu dari rombongan Kedubes Jepang. Dipandu oleh pemandu lokal serta didampingi Koordinator Museum Almuniza Kamal, dan Ketua OIA Unsyiah, Muzailin Affan, rombongan ini dibawa berkeliling melihat benda-benda koleksi di Museum.

Selain itu, kunjungan ini diisi dengan kegiatan ramah tamah, pemberian cindera mata dan juga kesepakatan untuk bekerja sama antara Koordinator Museum dan pihak kedubes tidak hanya dalam pertukaran pelajar tetapi juga pertukaran pegawai museum antara Museum Tsunami dan Museum di Jepang.

Suasana menyenangkan foto bersama di Ruang Japan Corner berlangsung ketika hitungan mundur pengambilan gambar diharuskan dalam bahasa Aceh. Terdengar asing dan lucu saat rombongan dari Jepang menyerukan “sa, dua, lhee…”. [Aidil/rel]

 

Related posts