Bekuk perusuh berbahaya, Kapolres Instruksikan tembak di tempat

  • Whatsapp
Antara

Sukabumi (KANALACEH.COM) – Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur menginstruksikan kepada jajarannya agar tidak segan lakukan tembak di tempat terhadap perusuh yang membahayakan keselamatan orang lain. “Kami tidak segan bertindak tegas, melakukan tembak di tempat sesuai prosedur tetap kepada siapa saja yang mengancaukan kondisi keamanan daerah, bahkan jika sudah membahayakan orang lain, baik aparat maupun masyarakat,” katanya di Sukabumi, Sabtu.

Rustam menjelaskan instruksi tembak di tempat tersebut bukan untuk mematikan, tetapi melumpuhkan oknum pelaku kerusuhan. Sesuai prosedur, sebelum melepaskan tembakan untuk melumpuhkan, aparat akan memberikan peringatan secara lisan kepada perusuh. “Jika secara lisan tidak digubris maka akan dilakukan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara dan jika tetap tidak digubris maka tembakan untuk melumpuhkan pun akan diarahkan kepada perusuh yang membahayakan orang lain,” urainya.

Menurut Rustam, instruksi tersebut tidak saja berlaku pada saat menjelang hari raya Natal saja. Di hari biasapun tindakan tegas tembak di tempat dapat dilakukan apabila ada oknum yang merusuhkan dan berbuat anarki.

Sementara itu, khusus untuk mengamanan Natal dan Tahun Baru 2017, Polres Sukabumi menyiagakan tim penembak jitu dan personel bersenjata lengkap. Anggota tersebut ditempatkan di pos pengamanan, daerah rawan aksi kriminal, pusat keramaian dan gereja yang digunakan untuk merayakan Natal.

Untuk mengamanan Natal ini, pihaknya juga menurunkan 362 personelnya yang dibantu puluhan anggota Brimob Polda Jabar serta jajaran TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja serta relawan lainnya. “Kami juga mengimbau kepada warga untuk saling menghargai dan menghormati antarumat beragama dan selalu menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing,” tambahnya. [Republika]

Related posts