Forkopimda pastikan Perayaan Natal di Banda Aceh aman

  • Whatsapp
Unsur Forkopimda berfoto bersama dengan pengurus gereja di Banda Aceh, Sabtu (24/12) malam. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Forkopimda Aceh mengunjungi Gereja yang ada di kota Banda Aceh , untuk memastikan perayaan Natal di kota tersebut berjalan aman dan damai.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak mengatakan,  pelaksanaan Natal di Banda Aceh sudah dikawal dengan ketat oleh Polisi  untuk memberikan rasa aman bagi kaum nasrani yang menjalankan ibadah.

Lanjutnya, dengan toleransi yang tinggi antar umat beragama di Banda Aceh,  diharapkan mampu menjaga rasa aman bagi kaum yang sedang menjalankan ibadah.  “Toleransi di sini (Banda Aceh)  cukup tinggi.  Kita harus pertahankan itu,” kata Kapolda, seusai memberikan bingkisan kepada penjaga keamanan di Gereja Katolik hati kudus Banda Aceh, Sabtu (24/12) Malam.

Untuk pengamanan secara keseluruhan ,kata dia,  pihaknya sudah menurunkan sekitar 4.700 personel untuk menjaga perayaan Natal di seluruh Aceh. Dari total tersebut, ada sebagian daerah yang yang mendapat pengawasan ketat selama Natal.

Sementara itu, Ketua Dewan Pastoral paroki,  Robertus Wirjawan mengatakan,  selama ini toleransi antar umat beragama di Banda Aceh cukup tinggi. Itu terlihat tidak adanya tekanan-tekanan dari pihak lain untuk mengusik perayaan Natal di Banda Aceh.

“Toleransi beragama di Banda Aceh sangat baik.  Belum pernah terjadi konflik antar umat beragama terjadi di sini, “ujar Robertus yang juga sebagai anggota FKUB.

Pantauan kanalaceh.com dibeberapa Gereja di Banda Aceh,  perayaan natal dikawal ketat oleh pihak kepolisian dengan bersenjata lengkap dan mobil baracuda yang dikerahkan disetiap gereja.

Kunjungan forkopimda tersebut diikuti oleh Plt.  Gubernur Aceh Soedarmo,  Pangdam IM Mayjend TNI Tatang Sulaiman dan unsur dari instansi lainnya. [Randi]

Related posts