Peneliti: Cut Meutia orang yang taat

Pecahan uang baru Rp1.000 bergambar Cut Meutia.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gambar Cut Meutia pada lembar uang rupiah baru kian menjadi kontroversi dan banyak diperbincangkan. Pasalnya dalam gambar tersebut sosok pahlawan Aceh itu tidak mengenakan hijab. Apalagi Cut Meutia saat itu memang dikenal dengan sosok yang taat agama.

Seperti yang disampaikan oleh salah seorang peneliti Institut Peradaban Aceh, Haikal Afifa, yang mengatakan bahwa Cut Meutia itu tidak memiliki foto, melainkan sebuah teks tentang bagaimana mengambarkan sosok pahlawan perempuan Aceh saat itu.

“Karena banyak buku yang menuliskan bagaimana sosok Cut Meutia pada saat itu, bahkan dari penulis Belanda mengatakan sosok Cut Meutia ialah orang yang taat dan menutup aurat,” katanya dalam diskusi bertajuk “Hijab untuk Cut Meutia” yang berlangsung di 3in1 Cafe, Banda Aceh (27/12).

Menurut Haikal, Cut Meutia tidak memiliki gambar yang pasti dan bisa diaggap sebagai sumber sejarah. Sebab itu, Haikal mengatakan landasan sejarah harus kembali pada bukti teks. Termasuk bagaimana sosok Cut Meutia yang sebenarnya.

“Cut Meutia adalah anak Ulee Balang dan banyak teks sejarah yang menyatakan Cut Meutia adalah sosok yang taat beragama. Sangat tidak mungkin Cut Meutia membuka aurat,” katanya.

Sejauh ini katanya, yang menjadi permasalahan begitu berat ialah bukan tentang Cut Meutia milik siapa atau keluarga siapa. “Tetapi sebenarnya ini tentang Indentitas rakyat Aceh, sebab Cut Mutia ialah pahlawan Aceh,” ujarnya.

Lanjutnya, pada tahun 2010 yang lalu, pernah terjadi perlombaan Miss Indonesia, dan perwakilan dari Aceh tidak memakai hijab dengan alasan karena foto Cut Nyak Dhien pada lembar uang tidak berhijab.

“Nanti bagaimana ke depan, apakah akan terus seperti ini,” tanyanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts