Malam tahun baru bakal dihadiri Komet, pertanda buruk?

nationalgeogrhapic.co.id

California (KANALACEH.COM) – Komet 45P diramal akan mendekati bulan sabit di malam pergantian tahun baru 2017. Meski ini bukan pertama kalinya komet tersebut terlihat dari Bumi, kehadirannya kali ini dirasa berbeda.

Komet disimbolkan sebagai ketidakberuntungan dalam mitologi Babilonia. Tech Times mengutip Charles Choi dari Space.com menyebutkan bahwa ‘Epic of Gilgamesh’ yang dideskripsikan sebagai datangnya api, banjir, dan belerang bersamaan dengan komet yang telah membuat Raja Nero dari Roma menyelamatkan diri dari ‘kutukan komet’ dengan menunjuk penerusnya sebagai raja.

Takhayul terutama banyak dibawa oleh komet Halley, komet lain dengan periode pendek yang muncul di Bumi setiap 75-76 tahun. Komet, yang terakhir muncul di bagian dalam Tata Surya pada 1986 itu diperkirakan akan muncul lagi di 2061. Takhayul tersebut diceritakan bahwa tanda-tanda yang ada yaitu datangnya penyakit, gempa bumi, dan Black Death.

Namun menurut ilmu alam, 2017 akan menjadi tahun yang baik bagi pengamat langit, khususnya bagi mereka yang suka mengamati komet. Komet 45P tidak membahayakan Bumi dan menjadi awal lewatnya komet-komet menarik lainnya di 2017.

“Mulai di Desember dan sepanjang 2017, kita akan melihat beberapa momen untuk menonton melalui teropong dan teleskop,” ungkap Badan Antariksa Amerika (NASA). [Okezone]

Related posts