Pelatih Timnas sudah ditetapkan, PSSI tinggal umumkan Luis Fernandez?

liputan6

Jakarta (KANALACEH.COM) – PSSI sudah menetapkan satu nama dari sekian calon pelatih Timnas Indonesia. Nama Luis Fernandez disebut-disebut akan menangani tim ‘Merah-Putih’.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan bahwa Komite Eksekutif sudah memilih pelatih timnas Indonesia. Hal itu sudah diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif PSSI, pada Jumat (6/1) semalam.

“Untuk pelatih wewenangnya adalah di Exco. Jadi besok di kongres tinggal diumumkan saja,” ungkap Joko saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/1).

Belakangan ini nama Luis Fernandez semakin hangat disebut-sebut menjadi calon terkuat. Joko juga mengisyaratkan bahwa pelatih Timnas Indonesia adalah pelatih asing yang dipersiapkan untuk jangka panjang.

Kabar tersebut kian kuat setelah dalam halaman wikipedia Luis Fernandez tercantum bahwa dia sudah menjadi pelatih Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Joko turut mengungkapkan bahwa pelatih yang ditunjuk akan merangkap jabatan: yakni sebagai pelatih Timnas U-22 SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan Timnas senior.

Planning-nya adalah jangka panjang. Jadi opsi terkuat itu satu pelatih. Karena di 2017 ini, tidak ada event timnas senior, hanya ada 10 FIFA match day itu sangat penting untuk menaikan peringkat,” terangnya.

Luis Fernandez pernah tercatat melatih sejumlah negara. Salah satunya adalah Timnas Israel pada 2010-2011 dan terakhir kali dia melatih Timnas Guinea pada 2015/2016.

Di level klub, dia sempat menjadi pelatih Paris Saint Germain (PSG) dan Athletic Bilbao. Pelatih asal Spanyol itu telah memberikan sejumlah gelar juara, antara lain Piala Prancis, Piala Liga Prancis Piala Super Prancis, dan Piala Winners. [Detik]

Related posts