5 pelajaran penting agar tak miskin saat pensiun

Ilustrasi pensiunan.

(KANALACEH.COM) – Siapa sih yang ingin pensiun dalam keadaan miskin? Tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut. Tetapi tidak bisa dimungkiri, hal tersebut terkadang terjadi pada orang-orang yang kurang beruntung.

Bukan hanya kurang beruntung, biasanya hal tersebut terjadi karena mereka terlambat mempelajari hal-hal mendasar dalam kehidupan.

Nah, berikut ini beberapa pelajaran hidup yang seharusnya Anda pelajari saat muda agar tidak hidup merana saat pensiun:

Jangan pernah membatasi dirimu

Ketika Anda masih muda, jangan terlalu membatasi dirimu. Contohnya seperti membuat daftar hal yang tidak boleh dan harus Anda lakukan. Karena sejatinya di usia muda Anda harus mengeksplor kemampuan-mu seluas mungkin.

Nah, kalau Anda sudah membatasi diri sejak muda, ketika memasuki pensiun Anda akan menyesal karena banyak hal yang seharusnya bisa Anda lakukan dan bisa saja mengubah nasibmu menjadi lebih baik, tidak Anda lakukan.

Minder dan terlalu lebay

Dalam menjalani karier maupun bisnis, jangan pernah menganggap sesuatu tidak mungkin terjadi atau tidak mungkin Anda raih. Jangan juga berpikir bahwa sebuah masalah tidak bisa diselesaikan.

Pemikiran ini akan membantumu menjalani karir maupun bisnis. Sebab, dengan tidak menganggap dirimu lebih kecil dari yang Anda hadapi atau inginkan, maka aura positif akan mengayomi dan membawamu menuju pintu kesuksesan.

Perlahan tapi pasti

Banyak orang terburu-buru dalam menjalani pekerjaan atau bisnis. Terkadang hal tersebut malah menghasilkan sesuatu yang mengecewakan. Untuk itu, sebaiknya Anda menyadari bahwa ada saatnya Anda perlu bergerak perlahan tapi pasti agar karier atau bisnismu dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Gak usah terlalu pikirkan penilaian orang lain

Kalau terlalu memikirkan apa yang ada dalam kepala orang lain mengenai hal-hal yang Anda lakukan, Anda akan sulit untuk berkembang dan meraih tujuan yang sebenarnya sangat mungkin diraih.

Jadi lakukan apa yang terbaik menurutmu tanpa perlu ambil pusing pemikiran orang lain. Jauhkan diri dari lingkungan yang membawa negative vibes sejak dini karena hal tersebut hanya membuatmu sulit berkembang. Bahkan hal itu bisa menjatuhkanmu secara finansial dan membuatmu pensiun dalam keadaan miskin.

Harus siap dengan risiko finansial

Kalau Anda tidak siap dengan risiko yang bisa membuatmu terpuruk secara finansial, dapat digaransi bahwa masa pensiunmu akan terbelenggu dalam kemiskinan.

Untuk itu Anda harus mempersiapkan diri atas risiko-risiko tersebut, misalnya untuk menanggulangi risiko kesehatan yang bisa bikin Anda bangkrut mendadak maka sudah seharusnya Anda melindungi diri dengan asuransi kesehatan. [Okezone]

Related posts