Cegah DBD, Dinkes Aceh Utara lakukan fogging

  • Whatsapp
Cegah DBD, Dinkes Aceh Utara lakukan fogging
Dinkes Aceh Utara bekerjasama dengan puskesmas setempat melakukan fogging di Desa Keh Nibong dan Desa Nibong Baroh, Kecamatan Nibong, Kamis (2/2). (Ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Dinas Kesehatan Aceh Utara bekerja sama dengan Puskesmas Nibong melakukan fogging (pengasapan) di Desa Keh Nibong dan Desa Nibong Baroh, Kecamatan Nibong, Kamis (2/2).

Untuk mengantisipasi penyebaran demam berdarah dengue (DBD), mereka bekerja sama dengan puskesmas setempat. Fogging dila­kukan untuk pemutusan siklus pe­nyebaraan penyakit DBD melalui nyamuk atau pembunuh nya­muk dewasa.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit P2P, Hasan Basri kepada Kanalaceh.com, mengatakan fogging masal ini dilakukan di dua desa yakni desa Keh dan Nibong Baroh,  sehubungan meningkatnya kasus DBD di Kecamatan Nibong.

“Perlu diketahui bahwa fogging ha­nya memutus rantai penularan dengan cara membunuh nyamuk de­wasa tapi tidak membunuh jen­tik nyamuk,” katanya.

Hasan menambahkan, jentik nyamuk aedes aegypti penyebab DBD hanya dapat dicegah dengan gerakan 3M, yaitu, menutup rapat tempat penampungan air, menguras bak mandi secara rutin, serta menimbun atau mengubur kaleng atau barang rongsokan yang dapat menampung air sehingga menjadi sarang nyamuk.

Ia mengharapkan kepada masyarakat agar membiasakan hidup sehat dengan menjaga lingkungan tempat tinggal, sehingga akan mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti, dan diharapkan kepada masyarakat jika ada kasus DBD agar segera melapor ke puskesmas terdekat. [Rajali Samidan]

Related posts