Alhudri : Penggunaan Dana Desa jangan timbulkan persoalan

Alhudri : Penggunaan Dana Desa jangan timbulkan persoalan
Plt Bupati Aceh Tengah, Drs Alhudri membuka sosialisasi pengelolaan dana desa bagi aparatur kampung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Jumat (3/2). (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Besarnya dana desa yang digulirkan pemerintah harus dimanfaatkan tepat sasaran dan tidak menimbulkan persoalan.

“Kita tidak inginkan dana yang begitu besar mengalir ke kampung menyebabkan perselisihan di tengah masyarakat dan menimbulkan persoalan. Kenyataan ini sudah terlihat, ada reje kampung tidak dipercaya masyarakat karena penggunaan dana kampung tidak tepat sasaran,” tegas Plt Bupati Aceh Tengah, Drs Alhudri ketika membuka sosialisasi penggunaan dana desa bagi aparatur kampung dan mukim kecamatan di Gedung Olah Seni (Gos) Takengon, Jumat (3/2).

Diungkapkan Alhudri, dari 295 kampung yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, 16 kampung diantaranya kurang optimal menggunakan dana desa tersebut.

“Ini disebabkan kurangnya transparansi dan pemahaman dalam pengelolaan dana desa,” ujarnya.

Ditekankan, penggunaan dana desa harus transparan dan akuntabel dengan melibatkan semua lapisan masyarakat yang dilandasi musyawarah dan kebersamaan.

“Jangan ada perselisihan dalam penggunaan dana desa, bangun kebersamaan antara sesama aparat kampung dan masyarakat. Yang paling penting jangan sampai aparat kampung terjerat dengan hukum karena salah dalam penggunaannya,” tambahnya.

Sosialisasi penggunaan dana desa diikuti para reje, mukim kecamatan dan RGM dari 295 Kampung yang ada di Kabupaten Aceh Tengah. [Aidil/rel]

Related posts