29.7 C
Banda Aceh

FDKP survey lokasi hutan kota di Bireuen

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Bireuen (KANALACEH.COM) – Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP) bersama Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Kabupaten Bireuen melaksanakan survey lokasi hutan kota di empat lokasi di kabupaten setempat.

Empat lokasi yang di survey FDKP meliputi, Stadion Cot Gapu, PPI Peudada, Paya Kareung Kecamata Kota Juang dan Paya Lipah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.

“Tahun ini, kita mulai menginisiasi hutan kota di Kabupaten Bireuen, pembangunan hutan kota didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Badan Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Krueng Aceh,”  tutur Ketua Forum DAS Krueng Peusangan, Suhaimi Hamid, Sabtu (4/1).

- Advertisement -

Kata Suhaimi, tahap awal pembangunan hutan kota dibutuhkan areal seluas 5 hektare. Lanjut Suhaimi, setelah pelaksanaan survey awal, pihaknya bersama BPDAHL Krueng Aceh akan melakukan studi kelayakan di empat lokasi yang diusulkan FDKP.

“Setelah dilakukan studi kelayakan, selanjutnya penetapan lokasi hutan kota melalui Surat Keputusan Bupati Bireuen, kita mengharapkan dukungan pemerintah daerah dan stakeholder,” harap Suhaimi.

Suhaimi mengaku, inisiasi hutan kota di Kabupaten Bireuen telah dicangkan FDKP sebelumnya, Suhaimi berharap, stakeholder di Kabupaten Bireuen mendukung upaya pembangunan hutan kota di  Bireuen.

“Salah satu pohon yang kita usulakan untuk penanaman di huta kota yaitu, pohon Jeumpa  sebagai ikon Kabupaten Bireuen, sehingga kelak, generasi kita masih dapat mengenal pohon Jeumpa di huta kota yang kita gagas saat ini, selain itu, di hutan kota juga akan ditaman berbagai jenis pohon yang mampu menyerap oksigen,” tutur Suhaimi Hamid. [Aidil/rel]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img