Home Care: Solusi layanan kesehatan masa kini

Home Care: Solusi layanan kesehatan masa kini
Tim home care health service.

Oleh: dr T Yusriadi, Sp.BA

KLINIK Khansa kini kembali menghadirkan suatu inovasi layanan kesehatan efektif, cepat, praktis dan akurat serta dikelola secara profesional berupa home care health service yaitu layanan kunjungan tim medis ke rumah pasien.

Sejak dimulainya launching kegiatan ini awal Februari lalu, permintaan masyarakat untuk menghadirkan tim medis klinik ke rumahnya begitu meningkat, terutama di kawasan kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Hal ini juga akibat membludaknya antrian di beberapa rumah sakit pemerintah dan swasta di Banda Aceh. Sehingga layanan home care (kunjungan tim medis ke rumah) menjadi suatu alternatif baru bagi pasien yang menginginkan bebas antri dan mendapat fasilitas layanan prima dari petugas kami.

Konsep layanan sebenarnya ini telah berkembang di beberapa kota besar di
Pulau Jawa yaitu sebagai layanan unggulan sistem jemput bola. Namun untuk di Aceh konsep layanan kunjungan rumah saat ini hanya berjalan apa adanya, tanpa dikelola maksimal.

Melihat fenomena ledakan antrian pasien, maka Klinik Khansa yang telah beroperasional selama 8 tahun dan beralamat di Desa Kaju Kecamatan Baitussalam mencoba menggagas dan mengemas kembali konsep layanan home care health service ini secara profesional, efektif, praktis, ramah dan tentu saja layanan kesehatan yang bebas antri untuk kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar.

Tim Medis yang berkunjung ke rumah terdiri atas dokter dan perawat serta ahli gizi dan fisioterapis. Saat ini sedang dilakukan juga proses penjajakan kerjasama dengan beberapa dokter spesialis, bila nantinya ada permintaan khusus dari pasien.

Jenis penyakit yang akan diobati juga beragam terutama kasus-kasus penyakit kronis, melayani perawatan luka paska operasi dirumah,khitan/sunat rasul, pemasangan alat kesehatan (stoma care, infus, selang catheter, selang makan NGT, dll).

Sistem layanan jemput bola ini sangat efektif dan praktis sekali. Si pasien cukup menelpon atau sms ke call centre home care 081264722735, dengan menyampaikan keluhan dan alamat rumah.

Maka tim medis dengan menggunakan mobil operasional yang dilengkapi berbagai alat, obat dan sarana perlengkapan medis segera menuju ke rumah pasien. Program ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Bagi pasien yang menginginkan pendampingan rawatan rumah oleh tim medis kami, maka akan kita layani dan di fasilitasi, tentu saja dengan mempertimbangkan penyakit yang diderita pasien apakah dapat dirawat di rumah atau perlu dirujuk ke rumah sakit.

Selain kunjungan rumah, saat ini telah coba dikembangkan jaringan pelayanan ke beberapa instansi, kantor, sekolah, pesantren dan asrama serta hotel. Harapannya layanan ini nantinya menjadi solusi baru dan menjadi salah satu alternatif baru konsep dokter keluarga khususnya di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. []

Related posts