Hasil pleno rekapitulasi KIP Aceh Utara: Mualem unggul 119.084 suara

Hasil Pleno rekapitulasi KIP Aceh Utara: Mualem unggul 119.084 suara
Rapat pleno KIP Aceh Utara. (ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Dari hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara dari setiap Kecamatan ditingkat Kabupaten Aceh Utara dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Aceh yang telah di plenokan oleh KIP Aceh Utara, pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid unggul dari pasangan lainnya.

Pasangan tersebut memperoleh sebanyak 119.084 suara.  Hasil pleno tersebut  telah disahkan oleh KIP Aceh Utara pada Rabu (22/2) di Aula Hotel Lido Graha, Kota Lhokseumawe.

Sementara perolehan suara terbanyak kedua adalah cagub nomor urut 1, Tarmizi Karim, dengan perolehan 85.496 suara. Irwandi Yusuf 35.950 suara, Zakaria Saman 10.065 suara, Zaini Abdullah 6.367 suara dan
Abdullah Puteh 1.839 suara.

Komisioner KIP Aceh Utara menyebutkan, total suara sah 258.801 suara dan suara tidak sah 14.255 suara, Sedangkan jumlah seluruh total pengguna hak pilih di Kabupaten Aceh Utara dari 27 Kecamatan yang mengikuti pemilih total 273.056 suara.

Rapat pleno rekapitulasi calon gubernur Aceh sempat diwarnai interupsi oleh saksi calon gubernur nomor urut 5, saksi cagub nomor urut 5 menolak pleno KIP dengan alasan tidak di tempelnya pengumuman C1 di setiap TPS.

Dari pantauan kanalaceh.com selesai pembacaan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara semua saksi yang hadir ikut menandatangi hasil keputusan KIP Aceh Utara.

Semantara di tempat yang sama Ketua KIP Aceh Utara Jufri Sulaiman mengatakan, penetapan dan pengumuman hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten, berjalan dengan lancar dan aman. [Rajali Samidan]

Related posts