Faktor cuaca dinilai turunkan kunjungan wisman ke Aceh

Faktor cuaca, turunkan kunjungan wisman ke Aceh
ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh menyatakan tingginya curah hujan yang melanda kawasan provinsi itu pada Januari menjadi salah satu penyebab berkurangya wisatawan mancanegara ke daerah setempat.

“Salah satu faktor pertimbangan banyak tamu asing terutama yang berasal dari Malaysia tidak melancong ke Aceh karena faktor cuaca, jika cuaca tidak bersahabat maka turis pun tidak bisa menikmati dengan baik berbagai objek wisata yang ada di sini,” kata Kepala BPS Provinis Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Kamis (2/3).

Ia menjelaskan selain faktor cuaca, juga belum banyaknya event yang digelar yang bertujuan untuk menarik para tamu asing untuk datang dan berlibur ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Wahyudin menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pintu kedatangan Provinsi Aceh pada Januari 2017 sebanyak 2.528 orang atau turun sebesar 30,5 persen bila dibandingkan dengan Desember 2016 sebanyak 3.641 orang.

“Wisman asal Malaysia masih mendominasi jumlah kunjungan tamu asing yang melancong ke Aceh,” katanya.

Ia mengatakan jumlah pelancong asal negeri Jiran yang berkunjung ke Aceh pada Januari 2017 sebanyak 1.979 orang disusul Tiongkok 87 orang, Jerman 48 orang, Perancis 43 orang dan Australia 41 orang.

Ia menambahkan bila dilihat jumlah pelancong asing menurut wilayah, Wisman yang berasal dari Asean berjumlah sebanyak 2.042 orang disusul Eropa sebanyak 258 orang, dan Asia tanpa Asean sebanyak 126 orang. [Antara]

Related posts