Yayasan Rumbia, lembaga sosial baru di Aceh diresmikan

Peresmian Yayasan Rumbia di salah satu warung kopi di Lhokseumawe, Rabu (8/3). (Ist)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Yayasan Rumbia yang merupakan lembaga independen berfokus pada penerapan energi bersih di Aceh telah diresmikan di salah satu warung kopi di Lhokseumawe, Rabu (8/3). Awalnya yayasan ini bernama Kopernik.

Dalam acara bertema “Ngopi Inspirasi” tersebut, Rumbia memperkenalkan organisasinya sebagai lembaga sosial baru di Provinsi Aceh yang berpusat di Lhokseumawe.

Penjabaran visi dan misi, perkenalan anggota, serta pemaparan program-program kerja Rumbia selama dua tahun ke depan menjadi bahasan utama dalam acara ini. Selain itu, isu krisis energi, pengelolaan energi terbarukan di Aceh, dan sinergi organisasi dengan pemerintah juga dibahas.

Direktur Yayasan Rumbia, Zulfikar Tahir menngatakan, upaya ini dilakukan agar masyarakat Aceh dapat hidup lebih sejahtera dengan mendayagunakan energi ramah lingkungan.

“Upaya inovatif ini telah mendapat dukungan dari pemerintah setempat,” katanya.

“Yang jelas, Rumbia hadir untuk membangun masyarakat, jadi kami akan mengusahkan partisipasi tinggi dari masyarakat setempat dalam program-program Rumbia,” tambah Zulfikar.

Sementara CEO Kopernik, Toshihiro Nakamura mengatakan, visi Rumbia untuk mewujudkan masyarakat sejahtera melalui pengelolaan energi yang bijak perlu didukung banyak pihak.

“Kopernik sendiri akan terus mendukung Rumbia melalui kerjasama dalam implementasi dan riset di berbagai proyek,” ujar Toshi. [Aidil/rel]

Related posts