Ini manfaatnya jika anak suka makan pisang

perigigiyogyakarta.com

(KANALACEH.COM) – Pisang adalah buah penuh energi yang dikemas sangat bergizi. Glukosa, fruktosa dan sukrosa adalah gula alami dalam pisang yang meningkatkan energi.

Pisang mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, zat besi, vitamin A, biotin dan nutrisi lainnya. Karena itu, memasukkan pisang dalam diet anak akan memberikan mereka banyak nutisi bermanfaat.

Berikut manfaat pisang untuk kesehatan anak yang dilansir dari laman Indiaparenting, Sabtu (1/4):

1. Memberikan energi instan

Pisang dianggap sebagai makanan yang mengandung karbohidrat, sehingga dapat memberikan energi instan. Anak-anak sangat aktif secara fisik sepanjang hari, sehingga buah ini sangat penting. Karena, mereka akan lebih sangat cepat lelah dan membutuhkan banyak energi untuk melakukan banyak kegiatan. Untuk menjaga tingkat energi mereka, maka Anda perlu memberinya pisang secara teratur.

2. Baik untuk pencernaan

Serat dalam pisang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Pisang juga mengandung serat pektin yang larut dalam air. Hal ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang dilepaskan. Karena itu, mengonsumsi pisang rutin membuat anak lancar buang air besar, sehingga mencegah masalah pencernaan. Selain itu, kandungan serat pisang membuat anak Anda tidak akan merasa lapar untuk waktu yang cukup lama.

3. Tulang kuat dan penglihatan sehat

Pisang adalah makanan kaya kalium yang menetralkan natrium daam diet anak, sehingga membuat tulangnya kuat. Selain itu, kalsium yang hilang saat buang air kecil dapat dilengkapi kembali karena mengonsumsi pisang. Selain itu, anak-anak yang doyan makan pisang juga memiliki penglihatan lebih baik. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam pisang yang juga melindungi retina dari segala jenis penyakit.

4. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi, di mana tidak adanya produksi sel darah merah menyebabkan anemia. Karenanya, diet anak harus mencakup zat besi, asam folat, vitamin B12 dan tembaga dalam jumlah cukup untuk pembentukan sel darah merah. Nah, pisang diperkaya dengan semua nutrisi tersebut, sehingga membantu dalam memproduksi hemoglobin. Kecukupuan zat besi akan mencegah Anak Anda terkena anemia.

5. Meningkatkan kekuatan otak

Pisang bisa menjadi bahan bakar yang baik untuk otak anak Anda. Kalium dalam pisang membantu sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kekuatan otak. Pisang juga dapat meningkatkan daya konsentrasi anak. Sehingga, beri mereka pisang sebagai makanan ringan sebelum berangkat atau pelengkap bekal ke sekolah.

Kapan dan bagaimana memberikan pisang kepada anak

Pisang dapat diperkenalkan dalam diet anak-anak dari tahap yang sangat awal, yaitu setelah 6 bulan dan seterusnya. Pisang bisa menjadi makanan bayi yang sangat bergizi. Anda dapat memperkenalkan dengan memberi mereka pisang tumbuk ditambah susu sedikit. Secara bertahap Anda dapat meningkatkan jumlahnya.

Setelah usia 5 tahun, anak dapat diberikan 4 sampai 5 pisang matang dalam sehari. Mereka dapat diberikan pisang setiap makan, karena inilah buah yang memberikan banyak manfaat. Pisang mengandung tinggi antioksidan yang melindungi anak terhadap semua jenis penyakit kronis. [Okezone]

Related posts