Jelang Ramadhan, harga bawang putih di Langsa capai Rp70 ribu/kg

Bulan Ramadhan, harga bahan pokok di Aceh Utara stabil
Bahan-bahan pokok. (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Menjelang bulan Ramadhan, sudah menjadi tren untuk menaikkan sejumlah harga kebutuhan pokok, terutama di pasar tradisional.

Kali ini kenaikan bawang putih tak melonjak tinggi dari biasanya yang dijual kisaran Rp35 ribu/kg hingga Rp40 ribu/kg. Saat ini melonjak dua kali lipat, harga bisa mencapai Rp60 ribu/kg bahkan Rp70 ribu/kg.

Menurut Toke Handalah (57) yang mengaku seorang pengusaha luar daerah termasuk penyalur bawang putih menjelaskan, yang menjadi masalah utama karena komoditas tersebut kerap diimpor dari luar.

Handalah menyarankan, sebaiknya pemerintah daerah mau mengecek langsung ketersediaan bawang serta mengawasi jalur distribusinya.

Dia tidak menuduh namun dikawatirkan adanya permainan spekulan di situ, kendati sifatnya masih dugaan semata. “Tetapi sebaiknya terus dilakukan pemantauan oleh pihak yang beekompeten,” katanya, Senin (8/5).

“Karena harga bahan pangan kebutuhan pokok ini sangat sensitif dan cenderung naik menjelang Ramadhan, sepertinya sudah menjadi trend,” lanjut Handalah.

Hal senada juga disampaikan Maimunah (47) pedagang tradisional di pusat pasar Kota Langsa. Kepada Kanalaceh.com, Senin (8/5), dia mengatakan dua hari sebelumnya dirinya sempat menjual bawang putih kisaran Rp70 ribu/kg hingga Rp75 ribu/kg.

“Namun hari ini bawang putih dia jual Rp60 ribu/kg hingga Rp65 ribu/kg, sementara bawang merah kecil Rp35 ribu per kilogram dan bawang merah besar Rp20 ribu per kilogramnya,” sebutnya. [Erza]

Related posts