Selain Aceh dan Jakarta, Gubernur dan Wagub terpilih akan dilantik Jumat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 15 Februari 2017 akan dilantik secara bertahap.

Sebagian besar diagendakan akan dilantik Jumat (12/5) sore. Sedangkan sisanya menunggu masa habis jabatan kepala daerah tersebut.

Seperti halnya Aceh dijadwalkan pada Juni dan DKI Jakarta di Oktober mendatang.

“Hari jumat sore. Semuanya, Banten, Gorontalo, Sulbar, Bangka Belitung, Papua Barat, plus Wagub Riau yang kosong,” ujar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo seperti dikutip dari Laman Kemendagri, Rabu (10/5).

Sedangkan untuk pelantikan kepala daerah tingkat II yakni bupati/walikota, menurut dia awalnya akan digelar pada waktu yang sama. Namun ada juga yang mundur di 22 Mei. Pertimbangannya menunggu habis masa jabatan.

“Sama, tapi mundur 22 mei. Jadi serentak gitu. Tahap pertama untuk yang jabatannya selesai,” ujar dia. Seperti diketahui bersama, Pilkada Serentak 2017 berlangsung pada Februari lalu.

Sebanyak 101 daerah yang menggelar pesta demokrasi tersebut, di antaranya 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten di seluruh Indonesia. [Tribunnews]

Related posts