Mendag siap banjiri jumlah bawang putih jika ada yang permainkan harga

Mendag siap banjiri jumlah bawang putih jika ada yang permainkan harga
Ilustrasi. (halomalang.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperingatkan para importir bawang putih agar tidak menahan stok, yang bisa membuat harga bawang bergejolak. Jika tetap dilakukan maka pemerintah sudah siapkan langkah antisipasinya dengan membanjiri jumlah bawang putih di pasar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, sampai akhir Mei ini akan masuk bawang putih impor di Jakarta dan Surabaya sebanyak 7.672 ton. Harga jual bawang putih ini nantinya bervariasi di antara Rp20 ribu sampai Rp35 ribu per kilogram (kg).

“Nah, pada Juni akan masuk lagi dan kita lepas impor dan masuk lagi dalam skala besar untuk mengisi kebutuhan pasar dan menjelang Ramadan ini,” tuturnya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (12/5).

Jadi, Enggar menegaskan, bagi para importir dan para pedagang yang memiliki stok bawang putih sebaiknya melepas stoknya. Karena nanti akan dibanjiri bawang putih dengan harga murah.

“Jadi saya tidak akan berikan toleransi mengenai permainan harga dan kalau melihat ada upaya penimbunan maka Satgas Pangan dan Kepolisian akan tindak itu,” tuturnya. [okezone]

Related posts