Aparat bentuk tim untuk cegah balap liar di Banda Aceh

Aparat bentuk tim untuk cegah balap liar di Banda Aceh
(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polresta Banda Aceh membentuk tim untuk mencegah para pembalap liar yang sudah merajarela. Selain meresahkan, aksi balap liar ini juga mengganggu aktivitas warga.

Tim yang dipimpin Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T.Saladin yang berjumlah 500 personel terdiri dari berbagai satuan di Polresta dan di bantu prajurit TNI dan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda mulai disebar disejumlah titik yang dijadikan arena balapan liar.

“Tim ini akan disebar di empat titik, dimana lokasi tersebut sering dijadikan arena balapan liar oleh kalangan pemuda,” kata Kombes T.Saladin, Sabtu malam (13/5).

Lokasi yang dijadikan arena balapan liar tersebut, yakni di kawasan Batoh, Ule Lheu, T.Umar dan jalan Sudirman serta di kawasan Pango Banda Aceh. selain itu di setiap sisi jalan tersebut dipenuhi pemuda-pemudi menonton aksi balapan liar.

Pembalap ini, kata Saladin, juga mengunakan knalpot racing dengan suara yang sangat bising, sehingga menganggu ketenteraman masyarakat disekitarnya. “Kita juga akan tindak tegas para pembalap liar dan penonton,” katanya.

Dalam memburu para balapan liar di kota Banda Aceh, petugas lebih mengedepankan tindakan preventif dan tidak ada tindakan kekerasan dalam mengusir balapan liar.

Bagi kenderaan balapan liar yang ditangkap petugas langsung dibawa ke Mapolresta Banda Aceh. Untuk proses pengambilan kenderaan, yang bersangkutan harus membawa surat keterangan bahwa tidak akan melakukan perbuatannya lagi dari orang tua dan di tandatangani oleh Keuchik, Tuha Peut, Koramil dan Polsek setempat.

Kapolresta juga menyebutkan, angka kecelakaan lalu litas yang melibatkan remaja di bawah umur semakin banyak di Banda Aceh, bahkan ada yang korban meninggal dunia.

“Kita harapkan orang tua untuk tidak memberikan kenderaan roda dua kepada anak yang masih dibawah umur. Penyesalan itu selalu datang terakhir,” ungkapnya. [Randi/rel]

Related posts