Cegah berita Hoax, Diskominfo Aceh minta pengguna Medsos lebih bijak

Cegah berita Hoax, Diskominfo Aceh sarankan untuk tutup medsos
Diskusi publik yang bertajuk sebarkan informasi perkokoh persatuan bangsa di Jala Cafe Depan Stadion Harapan Bangsa Lhong raya Banda Aceh, Jumat (19/5) sore.(Kanal Aceh/Fahzian Aldevan).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) dan persandian Aceh, Marwan Nusuf mengatakan satu-satunya cara mencegah informasi yang tidak benar dan berbau negatif di media sosial ialah dengan menutup semua media sosial itu sendiri.

Dia menegaskan kepada masyarakat agar lebih baik menahan diri bermain media sosial, jika belum paham cara penggunaanya.

“Satu-satunya cara yaitu kita tutup media sosial, seperti di Turki yang benar-benar menutup media sosial saat ini,” kata Marwan saat diskusi publik yang bertajuk Sebarkan Informasi Perkokoh Persatuan Bangsa di Jala Cafe, Lhong Raya Banda Aceh, Jumat (19/5) sore.

Menurutnya pemakaian alat teknologi saat ini tidak sepenuhnya aman, hal ini dikarenakan banyaknya kejadian adanya penyadapan oleh orang-orang tak dikenal. Selain itu, di media sosial dengan cepat merambah ialah situs-situs yang berbau ke hal negatif.

“Judulnya beda tapi isinya sudah bahan porno, nah ini yang menjadi pertimbangan dan kerja keras kami,” katanya.

Saat ini kata Marwan, di media sosial bukan hanya isu-isu sosial akan tetapi sudah merambah pada isu ibadah. Menurutnya, persoalan ini sangat ditakutkan dan begitu rumit.

Apalagi, kata dia, di zaman moderen ini dengan cepat para pelaku menyebarkan informasi dengan sendirinya tanpa meminta bantuan kepada orang lain.

“Hanya satu orang bisa mengolah semua informasi, dia kelola isu, dia buat berita dan dia juga yang menyebarkannya,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts