27.1 C
Banda Aceh

2 nelayan Aceh yang terdampar di Thailand dipulangkan

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dua nelayan Aceh yang terdampar di Thailand akhirnya dipulangkan. Biaya transportasi hingga akomodasi keduanya ditanggung oleh negara.

Kedua nelayan yang terdampar ini yaitu Hasanuddin (39) sebagai nakhoda, dan Yogi Prayogo (23) sebagai ABK. Keduanya berasal dari Kecamatan Pante Raja, Pidie Jaya, Aceh.

Hasanuddin dan Yogi terdampar di Thailand setelah boat KM Seuruni berkapasitas 6 GT yang mereka pakai untuk melaut mengalami kerusakan mesin. Mereka dipulangkan dengan menggunakan pesawat dari Phuket, Thailand tujuan Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (1/6).

- Advertisement -

Mereka akan bermalam di Malaysia terlebih dahulu. Baru pada Jumat (2/6) besok, mereka akan melanjutkan perjalanan dengan pesawat dari Kuala Lumpur tujuan Banda Aceh.

“Informasi jadwal kepulangan dua WNI nelayan asal Aceh yang terdampar di Phang Nga, Thailand, kami terima dari Kombes Pol Priyo Waseso, Atase Polri KBRI Bangkok,” kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftachhuddin Cut Adek, dalam keterangan kepada detikcom, Kamis (1/6).

“Seluruh biaya transportasi dan akomodasi dibayar oleh negara melalui KBRI Bangkok dan Konsulat Songkhla,” lanjutnya.

Menurut Miftach, setelah mendapat kabar adanya nelayan asal Pidie Jaya hilang dan diperkirakan hanyut ke wilayah Thailand, Panglima Laot Aceh mengirim surat pemberitahuan kepada KBRI di Bangkok pada 26 Mei lalu. Koordinasi terus dilakukan hingga keduanya diketahui terdampar di Phang Nga.

Pada Selasa (30/5), Second Secretary KBRI di Bangkok, Hariman Theofilus A Harefa, menyampaikan bahwa Perwakilan RI melalui KRI Songkhla telah melakukan koordinasi dengan kepolisian Thai Mueang untuk mendapatkan informasi terkait keberadaan dua nelayan tersebut. Selama di Thailand, kedua nelayan itu ditampung di Kantor Polisi Thai Mueang, Phang Nga.

“Namun bukan dalam status terlibat tindak kejahatan,” jelas Miftach.

“Panglima Laot Aceh T Bustamam mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama KBRI Thailand dan Konsulat Songkhla yang telah berupaya maksimal untuk membantu pengurusan dan pemulangan nelayan Aceh yang hanyut ke wilayah Thailand,” sambungnya. [Detik.com]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img