Kapal yacht berbendera Perancis terdampar di Sabang

Kapal yacht berbendera Perancis terdampar di Sabang
Kapal yacht berbendera Perancis yang terdampar dievakuasi, Sabtu (3/6). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kapal yacht bernama Timshal berbendera Perancis memiliki bobot GT 11.69 yang dinahkodai Patrick Fournet (53) terdampar disekitar teluk Sabang, Sabtu (3/6).

Kapal milik Pierre Sintes adalah salah satu peserta yacht pada Sabang Marine Festival 2017 di Sabang.

Dari informasi sementara, sebelumnya pada Kamis (1/6) kapal yacht bernama Timshal telah mengajukan SIB kepada KSOP Sabang untuk keluar dari Sabang.

Setelah mendapatkan SIB dari KSOP Sabang, kapal bergerak keluar dari teluk menuju kepulauan Mauritis Seycheleas, dengan tujuan akhir Perancis.

Pada saat itu kapal tiba-tiba mengalami penurunan kekuatan tenaga batrai (down force tenaga batre) sehingga skiper Patrick memutuskan kembali ke Sabang menggunakan layar untuk melakukan perbaikan.

Sekitar pukul 20.00 WIB, kapal berhasil masuk teluk Sabang. Namun karena mesin mati dan angin kencang disertai gelombang tinggi menyebabkan tiang penyangga layar kapal patah sehingga kapal terdampar dibibir pantai Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Sabang.

Tim yang terdiri dari BPBD Kota Sabang, PMI, SAR, Syahbandar dan BPKS Kota Sabang segera melakukan evakuasi setelah menerima informasi pada Jumat (2/5) sekitar pukul 21.00 WIB.

Sampai dengan saat ini kapal hanya memiliki seorang awak skiper Patrick Fournet dan telah dievakuasi karena mengalami luka ringan dibagian kaki. [Diki Arjuna]

Related posts