Ilmuwan ungkap rahasia memori otak manusia

Ilmuwan ungkap rahasia memori otak manusia
Ilustrasi otak. (Bigthink)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Para ilmuwan di National Institutes of Health meneliti bagaimana otak manusia menyimpan dan mengingat kenangan. Satu studi telah menunjukkan bahwa otak memutar ulang ingatan lebih cepat dari pada menyimpan.

Penelitian ini dipimpin oleh Kareem Zaghloul, MD, Ph. D seorang peneliti ilmu saraf di NIH National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS).

Untuk membantu memecahkan masalah dalam penelitian, Dr. Kareem menanamkan seperangkat alat elektroda ke otak pasien epilepsi dan memantau aktivitas listrik selama beberapa hari.

“Tujuan utama dari rekaman ini adalah untuk memahami bagaimana menghentikan kejang sebenarnya, tetapi ini juga merupakan kesempatan yang sangat kuat untuk belajar bagaimana otak bekerja,” ujar Dr. Kareem dikutip dari Science Daily, Minggu (4/6).

Dalam penelitian tersebut pasien diperlihatkan ratusan pasang kata, seperti ‘pensil dan penghapus’ atau ‘orange dan biru’ kemudian ditunjukkan salah satu kata dan diminta mengingat pasangannya. Hasilnya, pasien dengan benar mengingat 38 persen dari kata pasangan yang mereka tunjukkan.

Rekaman listrik menunjukkan bahwa gelombang otak yang dialami pasien saat mereka menyimpan dan mengingat dengan benar, sepasang kata sering muncul di lobus temporal dan daerah korteks prefrontal.

Meski begitu, para periset menunjukkan bahwa gelombang yang muncul saat mengingat kata-kata terjadi lebih cepat ketimbang gelombang yang hadir saat mereka awalnya menyimpan sebagai kenangan. [Okezone]

Related posts