Awas, ini bahaya makan terburu-buru saat buka puasa

Awas, ini bahaya makan terburu-buru saat buka puasa
Ilustrasi buka puasa.

(KANALACEH.COM) – Saat berbuka puasa, ada beberapa orang yang ingin cepat makan karena saking laparnya. Tapi, Anda harus tahu, jika makan terburu-buru saat berbuka puasa berbahaya bagi kesehatan.

Ada baiknya Anda makan dengan perlahan dan tidak berlebihan. Hal ini agar dapat melanjutkan ibadah dengan nyaman. Berikut bahaya makan terburu-buru saat berbuka puasa yang dilansir dari Boldsky, Kamis (15/6):

Makan berlebihan

Saat Anda makan terburu-buru, perut tidak punya cukup waktu untuk memberi sinyal ke otak agar tahu kapan harus berhenti. Akibatnya, Anda akan cenderung makan berlebihan.

Tidak menikmati makanan

Ketika makan terburu-buru, Anda tidak bisa memberikan kenikmatan yang diharapkan. Tekstur, rasa, warna, dan aroma makanan harus Anda rasakan agar sinyal kenyang dapat disadari sebelum terlanjur makan berlebihan.

Berat badan bertambah

Ketika Anda makan terburu-buru, maka cenderung akan makan berlebihan. Makan berlebihan menyebabkan penumpukan kalori yang akan menjadi lemak, sehingga berat badan bertambah.

Gangguan pencernaan

Beberapa masalah lain seperti perut kembung dan cegukan juga dapat terjadi ketika Anda makan terburu-buru. Menurut penelitian, makan cepat dapat menyebabkan penyakit “gastroesophageal reflux” yaitu masalah pencernaan yang bisa memicu rasa sakit tajam di dada. Dalam kasus-kasus serius, penyakit ini dapat mengakibatkan penyempitan kerongkongan. [Okezone]

Related posts