Tim Ayo Sedekah berbuka dengan penyandang Thalassemia

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dihari ke-17 Ramadhan, Tim ‘Ayo Sedekah’ melakukan buka puasa bersama seratusan anak-anak penyandang Thalassemia di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kegiatan buka puasa bersama ini diselenggarakan di Rumah Kita Banda Aceh. “Kegiatan berbuka puasa bersama ini sengaja dilakukan di Rumah Kita, yakni rumah singgah yangvdikelola oleh Yayasan Darah Untuk Aceh aekaligus memperkenal keberadaan rumah singgah yang diberi nama rumah kita” ujar Founder Yayasan Darah Untuk Aceh, Nurjannah Husien, senin (12/6).

Bahkan belasan penyandang thalassemia yang sedang menjalani transfusi darah di sentra thalassemia RSUZA pun ikut hadir dalam acara berbuka puasa bersama tersebut.

“Yang dirumah sakitpun kita jemput untuk bisa bersilaturrahmi bersama, di bulan baik ini,” sebut Nurjannah.

Di Banda Aceh sendiri terdata sebanyak 32 anak penyandang Thalassemia. “Angka ini bisa beetambah jika kita tidak mengintensifkan program preventuf atau pencegahan, dengan cara tidak menikah dengan sesama pembawa bibit thalassemia alias carier,” Kata Nurjannah.

Artinya, tambah Nurjannah, Kota Banda Aceh harus memiliki layana kesehatan yang baik terutama program-program preventif atau pencegahan.

“Kita sangat berharap Kota Banda Aceh bisa jadi role model zero thalasssmia di Aceh” tegas perempuan yang akrab disapa Nunu tersebut.

Berbuka piasa bersama juga diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Doktor Bukhari Daud. Dalam tausiyahnya, mantan Bupati Aceh Besar ini menyebutkan bahwa para orangtua Penyandang Thalassemia ini adalah orang-orang pilihan yang dinilai Allah mampu menjalani ujian kehidupan dengan baik.

“Oleh karenanya jangan pernah mengeluh akan ujian yang diberikan kepada kita, karen pasti ada hikmah dibalik ini semua,” ungkapnya.

Sementara itu koordinator Tim Ayo sedekah, Hendro Saky mengatakan adapun donasi yangvdisumbangkan kepada orang-orang yang berhak melalui gerakan Ayo Sedekah ini, merupakan donasi dari sejumlah donatur pada bulan ramadhan ini.

“Terimakasih untuk gerakan ayo sedekah yang sudah membantu dan menjalinkan silaturrahmi diantara semua pihak, teeutama orangtua pasien, POPTI, RSUZA, PMI dan relawan,” ungkap Nunu.

Turut hadir dalam kegiatan buka puasa ini, Walikota terpilih Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. [Randi/rel]

Related posts