Ular ‘Serigala’ jenis baru ditemukan di Aceh

Ular 'Serigala' jenis baru ditemukan di Aceh
Ular 'serigala' ini dengan nama spesies Lycodon sidiki. (Detik)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Jenis baru dari wolf snake atau ular serigala ditemukan di Aceh. Apa yang baru dari ular yang ditemukan di kawasan sungai dan pinggiran hutan di Kabupaten Aceh Tengah ini?

Ular serigala ini memiliki nama spesies Lycodon sidiki. Ular jenis baru ini ditemukan pertama kali oleh Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI Amir Hamidy bersama 3 rekan sepenelitiannya, yakni Elijah Wostl, Nia Kurniawan, dan Eric N Smith.

Amir menjelaskan ular Lycodon sidiki memiliki corak garis hitam-putih. Ular ini belum pernah ditemukan di permukiman penduduk.

“Ular ini ditemukan di sungai-sungai, di pinggiran hutan. Kalau jenis ini tidak di dalam permukiman penduduk,” ujar Amir saat dimintai konfirmasi, Senin (19/6).

Terkait dengan istilah ular ‘serigala’, menurut Amir, itu hanya istilah yang diberikan oleh orang Inggris. Justru genus Lycodon pada dasarnya tak memiliki gigi taring.

“Itu hanya orang Inggris saja menyebut kelompok itu sebagai ular ‘serigala’. Justru sebetulnya dia tidak punya gigi taring, giginya tampak lurus ke depan yang mencirikan grup itu,” tutur Amir. [Detik.com]

Related posts