Wagub: terapkan konsep Peumulia Jamee di Event Sail Sabang 2017

Sabang harus tumbuh ekonomi dan pariwisata
Dokumentasi - Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memimpin Rapat persiapan pelaksanaan Sail Sabang Tahun 2017 di Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, 14/7/2017. Sail Sabang akan berlangsung pada 28 November - 5 Desember 2017. (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Besarnya kunjungan wisatawan di Aceh dapat memantik pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Oleh karena itu, konsep Peumulia Jamee harus diaplikasikan agar para wisatawan merasa nyaman dan betah, sehingga akan datang kembali ke Aceh.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat memimpin rapat persiapan Pelaksanaan Sail Sabang 2017, di Gedung Serba Guna Setda Aceh, Jum’at (14/7).

“Keramahan masyarakat dan fasilitas akomodasi di Kota Sabang harus menjadi perhatian serius. Intinya konsep Peumulia Jamee atau memuliakan tamu harus kita kedepankan karena ini merupakan konsep yang telah berkembang di tengah masyarakat Aceh secara turun temurun. Semakin kita muliakan, maka tamu akan semakin merasa nyaman dan akan kembali lagi ke Aceh,” kata Wagub.

“Tujuan utamanya adalah meningkatkan perekonomian Aceh, menekan jumlah penganguran dan angka kemiskinan. Jad mari bersama kita bekerja keras untu mensukseskan Sabang Sail, karena kesuksesan Sabang Sail akan memberi imbas positif bagi perekonomian Sabang,” sambung Nova.

Wagub juga mengungkapkan, bahwa Sail Sabang mendapat perhatian khusus dari Presiden RI, Joko Widodo. Bahkan, secar khusus Presiden berpesan agar Sail Sabang lebih menonjolkan dan fokus pada hal yang berkaitan dengan pariwisata.

“Jika pada beberapa event sail sebelumnya ada hal lain yang ditonjolkan, maka Sail sabang harus fokus pada hal yang berkaitan dengan pariwisata, karena berkaitan dengan visi misi Irwandi -Nova, maka pariwisata harus ditonjolkan, apalagi Sabang merupakan primadona pariwisata di Aceh,” kata Wagub menirukan ucapan Presiden.

Nova menegaskan, bahwa tidak hanya warga Sabang, semua elemen masyarakat di Aceh menginginkan Sail Sabang sukses. Untuk itu, Wagub menghimbau kepada para pemangku kebijakan untuk lebih fokus mempersiapkan segala sesuatunya.

“Saya ingatkan kepada Sekda dan Kadis Pariwisata, bahwa kita membutuhkan dukungan dari Korkopimda. Untuk itu, saya minta Sekda untuk mereview kembali apakah semu elemen sudah diakomodir dalam kepanitiaan. Ingat, waktu semakin dekat, rapat-rapat harus lebih intens dilakukan oleh masing-masing seksi, terus pertajam koordinasi agar setiap permasalahan yang ada dapat segera dikoordinasikan dan diselesaikan,” imbuh Wagub.

Sementara itu, kepada Pemko Sabang Wagub berpesan agar mempromosikan Sail Sabang secara lebih luas. “Semu orang harus dibuat ‘Demam Sabang Sail’ karena faktor promosi akan membuat event ini semakin populer, menjadi perhatian dan dinanti. Sela itu, UKM d pelaku pariwisata harus diwanti-wanti untuk tidak menjadikan Sail Sabang sebagai aji mumpung, dengan menaikkan harga sesukanya, sehingga, wisatawan kapok untuk kembali.”

Oleh karena itu, Wagub menghimbau Pemko Sabang untuk giat memberikan pemahaman kepada semua pelaku usaha agar mematok tarif baik barang maupun jasa secara wajar.

“Waktu yang tersisa sangat sempit. Kerja keras dan do’a kita akan menentukan berhasil atau tidaknya penyelenggaraan event ini,” pungkas Wagub.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh, Drs Dermawan MM, menginstruksikan kepada seluruh desk untuk intens bekerja mulai hari ini dan segera menjadwalkan rapat dan peninjauan lapangan dalam waktu dekat untuk melihat secar langsung kesiap pelaksanaan Sabang Sail 2017, yang akan berlangsung pada 28 November hingga 5 Desember mendatang.

Sail Sabang akan Penuh Atraksi

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaa dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan yang akan di pusatkan di teluk Sabang tepatnya Terminal CT 3 BPKS Sabang itu aka diisi dengan berbagai atraksi.

“Banyak atraksi, diantaranya menghadirkan KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci. Selanjutnya akan ada Internasional Yacht Rally, Tarian Massal, Sabang Wonderful Expo, Aceh Fun Dive, Menyambut kehadiran Islamic Cruise berkapasitas 2000 wisatawan muslim yang akan sandar di termina CT3 dan bertola menuju Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh,” ung Reza.

Selain itu, sambun Reza, jug jug ada kegiatan Jambore Iptek, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Underwater Contes, Kapal Pemuda Nusantara, Lomba Menulis Blog, Festival Kopi dan Kuliner, Eksebisis Paramotor, Parade Kapal Tradisional, Sendratari Keumalahayati, Aerobatic Show, City Tour Sabang-Banda Aceh, Lomba memancing serta beberapa event lainnya.

Rapat Rapat tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Aceh, Forkopimda Kota Sabang dan Kota Banda Aceh, Danlanal Sabang, Danlanud SIM dan Danlanud Bandar Maimun Saleh serta seluruh pemangku kebijakan terkait dan para pelaku wisata. [Randi/rel]

Related posts