Wagub : tindak tegas pembakar lahan

Masyarakat Aceh diajak peduli terhadap kelestarian lingkungan
Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Halaman Kantor Gubernur, Banda Aceh, Senin (24/7). (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menyikapi musim kemarau yang melanda Aceh, Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, menghimbau kepada seluruh masyarakat  untuk tidak melakukan pembakaran lahan, seraya meminta penegak hukum untuk menindak tegas  jika ada yang sengaja membakar lahan.

“Saya meminta pihak kepolisian untuk mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku pembakaran lahan yang telah menyebabkan dampak sangat buruk ditengah-tengah masyarakat, ujar Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat meninjau lokasi kebakaran lahan pada sejumlah titik di kabupaten Aceh Barat, Rabu (26/7).

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Bupati Aceh Barat beserta unsur Forkopimda Aceh Barat, Danrem Teuku Umar, Asisten III Setda Aceh Kamaruddin Andalah, Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Kepala BPBA, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin.

Nova menyebutkan, Pemerintah Aceh bersama pemerintah kabupaten/ Kota tidak tinggal diam dengan semakin meluasnya kebakaran lahan di sejumlah daerah, seperti Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya.

“Pemerintah Aceh juga sedang mencari skema seperti apa yang paling efektif, karena kebakaran ini terus berulang setiap tahunnya,  dan saat ini hampir semua cara kita lakukan, termasuk mendatangkan dua helikopter dari BNPB dan sudah mulai bekerja,”ujar Nova.

Namun demikian kata Nova, cara-cara konvensional seperti pemadaman dengan menggunakan mobil pemadam juga terus berjalan, disamping juga diupayakan dengan cara-cara yang inkonvensional seperti mengerahkan masyarakat untuk melakukan pemadaman, paling tidak dengan tidak menambah titik api.

“Maka saya ingatkan bahwa kejahatan membakar lahan ini adalah kejahatan serius, karena selain menyebabkan polusi juga mengganggu dunia internasional, asapnya sampai ke Negara tetangga, jadi sebagai wakil gubernur saya menghimbau agar hentikan pembakaran lahan, karena aparat keamanan akan menindak, “ujarnya.

Selain itu kata Nova, gubernur Aceh Irwandi Yusuf pada Kamis (28/07/2017) akan bertemu Presiden di Jakarta membahas sejumlah persoalan di Aceh, termasuk terkait dengan kebakaran lahan.

Kepada seluruh kepala daerah, khususnya yang terjadi kebakaran lahan, Wagub menghimbau agar tidak meninggalkan daerahnya serta memimpin langsung pemadaman api.

Himbau shalat Istisqa

Wakil Gubernur Aceh juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Aceh untuk melaksanakan shalat Istisqa atau shalat minta hujan serta berdoa kepada Allah swt agar menurunkan rahmatnya di bumi serambi Mekkah ini.

“Semua usaha sudah kita lakukan, namun jangan lupa kita berdoa kepada Allah agar musim kemarau ini segera berakhir. Maka saya mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat Aceh untuk melaksanakan shalat istisqa,”pungkas Nova.

Nova berharap agar bupati/walikota, MPU, serta dayah dan pesantren diseluruh Aceh untuk menggerakkan masyarakat melaksanakan shalat istisqa di daerahnya masing-masing. [Randi/rel]

Related posts