Di Langsa, harga cabai anjlok dan harga ikan stabil

  • Whatsapp
Di Langsa, Harga cabai anjlok dan harga ikan stabil
Kondisi pasar ikan di Puusat Pasar Kota Langsa. (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Harga cabai merah di pasar-pasar tradisional di Kota Langsa anjlok dari sebelumnya Rp 24.000/kilogram menjadi Rp 12.000/kilogram.

Sementara harga ikan basah laut segar di pusat pasar tradisional Langsa terbilang masih stabil kendati ada terjadi harga turun naik namun masih dalam batas normal.

“Anjloknya harga cabai merah di Langsa karena pasokan salah satu komoditas bumbu dapur ini melimpah dalam sebulan terakhir akibat di sejumlah daerah penghasil panen raya,” jelas Nurmi (47), pedagang cabai merah di Pusat Pasar Kota Langsa, Sabtu (29/7).

Dikatakannya, naik dan turun harga sebuah komoditas lebih bersifat sementara, saat ini pasokan mulai terkendali sehingga harganya pun sedikit mulai membaik dari Rp 12 ribu/kilogram menjadi Rp 16.000/kilogram dan Rp 18.000/kilogramnya.

“Namun harga sewaktu-waktu bisa naik sangat signifikan jika pasokan komoditi ini ke pasar terganggu. Naik-turun harga itu dipengaruhi transportasi dan hasil panen,” katanya lagi.

Saidi (56) yang juga seorang pedagang salah satu komoditi ini menegaskan bahwa harga dimaksud merupakan harga jual pedagang kepada konsumen di pasar. Sedangkan harga beli dari pedagang pengumpul atau petani lebih rendah lagi.

“Rendahnya harga cabai tersebut diakibatkan banyak pasokan dari daerah penghasil cabai merah. Bahkan, di beberapa daerah serentak panen hingga pasar tak mampu menampung produksi cabe merah petani tersebut,” kata Saidi.

Sementara harga ikan basah segar laut di pusat pasar masih terbilang stabil, karena tidak terjadi kenaikan maupun penurunan harga yang signifikan.

Ali Imram (48) salah seorang pedagang ikan Pasar Langsa mengaku, sejak sebulan belakangan ini harga ikan basah segar laut terbilang cukup stabil, kendati ada terjadi kenaikan dan penurunan hanya sebatas ikan gembung kuring, regak dan ikan biji nangka.

Saat ini, katanya, harga cumi-cumi sotong Rp 45.000/kilogram, ikan basah segar laut kakap putih Rp 60.000/kilogram, kakap merah Rp 70.000/kilogram, biji nangka Rp 18.000/kilogram, tongkol Rp30.000/kilogram, regak Rp 22.000/kilogram, dan ikan kembung kuring Rp 35.000/kilogram.

Kemudian udang kelong Rp 90.000/kilogram, udang swallo Rp 70.000/kilogram, udang putih Rp 60.000/kilogram, dan udang rekih ukuran besar Rp 50.000/kilogram.

Dia juga mengatakan jika ada kenaikan setiap jenis ikan basah laut segar rata-rata paling mencapai setiap jenis ikan Rp 5.000 hingga Rp 10.000an tergantung dari kualitas ikan yang dijual. [Erza]

Related posts