Meriam Kerajaan Seuneam di Nagan Raya mulai di pindahkan

TNI dibantu warga memindahkan meriam peninggalan Kerajaan Seuneuam ke rumah tokoh masyarakat di Darul Makmur, Sabtu (5/8). (ist)

Nagan Raya (KANALACEH.COM) – Personel TNI dari Koramil Darul Makmur, Kodim 0116 Nagan Raya dibantu warga setempat memindahkan meriam peninggalan Raja Seuneam di Gampong Kuala Seuneuam ke Makoramil setempat, Sabtu (5/8).

Sebab, medan yang sulit dijangkau, maka hasil musyawarah dengan ahli waris yang meminta Meriam tersebut tetap berada di wilayah Seuneuam.

Mengingat Meriam tersebut merupakan hadiah pemberian Kerajaan Turki di masa Kerajaan Seuneuam atau Ujong Raja kala itu. Sehingga hasil musyawarah dengan warga setempat, juga ahli waris. Dari musyawarah itu, warga sepakat Meriam tersebut diamankan di rumah M Yusuf Amin yang merupakan tokoh masyarakat setempat.

Dandim Nagan Raya Letkol Kav M. Wahyudi menjelaskan, Meriam yang diamankan berjumlah satu buah dengan panjang sekitar 1,7m, pada bagian depan berdiameter 30cm dan bagian belakang 50cm.

“Masih minimnya kepedulian masyarakat maupun pemerintah terhadap aset sejarah, sehingga menyebabkan beberapa situs sejarah khususnya di Nagan Raya hampir punah, hilang tanpa bekas,” tuturnya melalui rilis yang diterima, Minggu (6/8).

Menurut Dandim, Meriam tersebut sebelumnya pernah dilakukan pengecekan oleh anggota Koramil setempat berjumlah dua pucuk, saat ini hanya tersisa satu pucuk. Satu nya lagi telah hilang.

“Menurut pengakuan keluarga ahli waris awalnya meriam tersebut berjumlah 8 pucuk,” kata Dandim.

Dandim berharap, agar perhatian pemerintah setempat, maupun provinsi untuk pro aktif dalam mencagarkan situs-situs sejarah yang masih tersisa di daerah-daerah. [Randi/rel]

Related posts