Ilustrasi. (dream.co.id)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Menyiapkan perkembangan si anak bukan perkara mudah. Semua hal yang menyangkut tubuhnya akan menjadi penting bagi kesehatan dan juga tentunya pertumbuhan si anak. Salah satu yang harus diperhatikan adalah asupan gizinya.

Bicara mengenai gizi, susu mengandung banyak kebaikan untuk anak. Mulai dari melengkapi asupan kalori, meningkatkan kualitas otak, sampai dengan menjaga pertumbuhan tulang dan gigi anak dengan baik. Tapi, ternyata bukan sekadar susu yang bisa diberikan ke anak. Ada beberapa susu yang tidak bisa diberikan.

Sebut saja susu kental manis. Ya, susu jenis itu sangat tidak direkomendasikan dokter anak. Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K). Menurut dia, kandungan gula yang terkandung di susu kental manis cukup berbahaya bagi anak.

Ads

“Sebab, gula tambahan pada susu kental manis itu sangat banyak, sehingga akan memengaruhi kualitas hidup si anak itu sendiri. Sebut saja masalah kegemukan,” terangnya seperti dilansir laman Okezone.com, Senin (14/8).

Dr. Ariani melanjutkan, yang perlu Anda ketahui adalah kandungan gula yang terlalu tinggi itu lebih mematikan dibandingkan kandungan lemak yang tinggi. Hal tersebut disebabkan otak anak itu membutuhkan banyak lemak baik, seperti Omega 3 dan Omega 6. Sedangkan gula, malah akan membuat tubuh si anak terserang banyak masalah.

Selain kegemukan, faktor risiko pencetus diabetes pun akan diterima tubuh anak. Makanya, susu kental manis kurang direkomendasikan untuk anak, khususnya anak di bawah 5 tahun.

Sementara itu, bila bicara mengenai kalori yang dikandung susu kental manis, dr. Ariani menyatakan, adalah kalori yang tidak baik untuk tubuh anak. “Pada dasarnya, gula yang terkandung dalam susu kental manis kurang baik diterima tubuh anak. Bukannya menyehatkan, malah jadi bumerang pencetus masalah baru,” pungkasnya. []